Senin, Maret 8, 2021
Beranda Satgas TMMD 100 Kodim 1505 Tidore Sosialisasi Wawasan Kebangsaan di SMPN 13...
Array

Satgas TMMD 100 Kodim 1505 Tidore Sosialisasi Wawasan Kebangsaan di SMPN 13 Tikep

FAKTA PERS – TIDORE KEPULAUAN.

Satuan Tugas (Satgas) TMMD ke-100 Kodim 1505/Tidore terus melaksanakan rangkaian kegiatan non fisik TMMD di Kecamatan Oba, Kota Tidore Kepulauan, Provinsi Maluku Utara. Salah satu kegiatan fisiknya yaitu melakukan sosialisasi tentang wawasan kebangsaan kepada para pelajar di SMP Negeri 13 Tikep pada Rabu (18/10/17) dan disampaikan oleh Pasiter Kodim 1505 Tidore  Kapten Inf Andi Purwanto.

Kapten Inf Andi Purwanto menjelaskan kepada para siswa akan pentingnya Pancasila sebagai ideologi Negara. Dimana, untuk membangun dan mempertahankan semangat nasionlisme dalam kerangka kesadaran bela negara bagi setiap warga negara tidak mudah dengan keragaman budaya, agama, adat istiadat, ras, namun diperlukan Pancasila sebagai landasan atau idiologi negara yang dapat menyatukan keragaman bangsa Indonesia dalam kerangka Bhineka Tanggal Ika.

“Pancasila sebagai alat membangun karakter bangsa yang memerlukan semangat kebangsaan dan memerlukan kesadaran setiap warga negara agar nilai-nilai Pancasila dapat terus tetanam dengan baik serta cerdas dalam menghadapi pengaruh globalisasi,” jelasnya.

Dirinya juga menjelaskan, bahwa Hak dan kewajiban warga negara yaitu melakukan pembelaan negara sesuai yang tercantum dalam UUD 1945 Pasal 30 sebab tanpa adanya upaya kesadaran bela negara maka akan terancam kelangsungan hidup bangsa. Sehingga dalam upaya mempertahankan kelangsungan hidup bangsa dan negara maka diperlukan nilai dasar bela negara mencakup: Cinta tanah air, sadar berbangsa dan bernegara, yakin pada Pancasila sebagai idiologi negara, rela berkorban untuk bangsa dan negara serta memiliki kemampuan awal bela negara secara fisik dan psikis dalam mengabdi kepada bangsa dan negara.

Olehnya itu, Implementasi dari wujud bela negara di lingkungan pendidikan antara lain menjadi contoh baik sikap maupun perilaku dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat, senantiasa disiplin dalam memanfaatkan waktu didalam maupun diluar sekolah, memiliki prestasi yang membanggakan, menjaga kebersihan dan kerapian, menjaga ketertiban serta menjaga persatuan dan kesatuan di dalam maupun di luar sekolah, mentaati peraturan dan tata tertib sekolah, menghargai dan menghormati guru dan orang tua, serta memahami lambang dan simbol negara.

Sosialiasi tersebut diikuti seluruh siswa/siswi SMP Negeri 13 Tikep serta para Dewan Guru.

(ss)

Most Popular

Recent Comments