Jumat, Maret 5, 2021
Beranda Spesialis Kejahatan Pembobol Rumah di Mandiangin Dibekuk Polisi
Array

Spesialis Kejahatan Pembobol Rumah di Mandiangin Dibekuk Polisi

FAKTA PERS – SAROLANGUN.

Aksi Pani Fransisco (18) terhenti setelah ia dicekal anggota Polsek Mandiangin, di rumahnya Kamis (19/10) dini hari kemarin. Warga RT. 03 Desa Pemusiran ini menjadi sasaran anggota Polsek lantaran kerap membuat resah warga akibat aksi pembobolan rumah yang dilakukannya.

Kapolres Sarolangun AKBP Dadan Wira Laksana melalui AKP Iskandar Kapolsek Mandiangin mengatakan, Fransisco adalah spesialis pembobol rumah dan sekolah. “Alhamdulillah kita telah menangkap tiga orang pelaku,” katanya, Kamis (19/10) sore kemarin.

Sebelum menangkap Fransisco, anggota Polsek Mandiangin terlebih dulu menangkap Deni Redika (27) warga RT. 04 Desa Pemusiran, yang menjadi komplotan Fransisco, yang bertugas menjual barang hasil curian. Selain keduanya, polisi juga menangkap Muksin (25), warga RT. 04 Desa Bukit Peranginan Kecamatan Mandiangin, yang tercatat sebagai residivis yang sempat kabur dari Lapas Sarko, sekitar awal 2014 lalu.

Penangkapan ketiganya bermula saat pihak Polsek Mandiangin mendapat laporan adanya pencurian sepeda motor milik  Roy Juniper Hutagaol (37), warga Rt.003 Desa Pemusiran Kecamatan Mandiangin, Sarolangun.

Kronologis pencurian ini terjadi pada hari Senin, 25 September 2017 lalu, sekitar pukul 05.30.

“Waktu itu Sugiana (istri pelapor) bangun dari tidur dan hendak melakukan aktifitas sebagai ibu rumah tangga, dan saat berada di dapur, istri pelapor melihat motor Jupiter Z yang ditarok di dapur hilang,” katanya.

Melihat ada yang janggal, Sugiana pun membangunkan Roy Juniper Hutagaol suaminya, yang masih tertidur. Keduanya pun mengecek kondisi rumah. “Saat itu pelapor mendapati jendela samping rumahnya telah terbuka dan ada bekas congkelan, dan atas peristiwa tersebut pelapor melapor ke Polsek Mandiangin,” tutur Kapolsek.

Selain motor, korban juga mengaku kehipangan tiga buah handphone. Namun saat penangkapan pelaku, pihak Polsek Mandiangin hanya berhasil mengamankan satu unit motor Yamaha Jupiter Z warna hitam.

Dari penuturan Fransisco, dirinya pernah membobol SDN 127 Pemusiran dan berhasil menggasak Proyektor dan juga CD. Hasil penjualan barang curian itu katanya dibuat untuk membeli baju.

Akibat kejahatan yang dilakukannya, ketiga pelaku akan dijerat dengan pasal 363 KUHP dengan ancaman kurungan maksimal lima tahun. Sementara Muksin, diancam dengan pasal berlapis 365 lantaran pernah melarikan diri sewaktu menjadi tahanan Lapas Sarko. (sanu)

Most Popular

Recent Comments