Selasa, Juli 27, 2021
BerandaTanaman Enceng Gondok Ternyata Memiliki Nilai Jual
Array

Tanaman Enceng Gondok Ternyata Memiliki Nilai Jual

FAKTA PERS – INDRAMAYU.

Enceng gondok adalah salah satu jenis tumbuhan air mengapung. Tanaman ini memiliki kecepatan tumbuh yang tinggi, sehingga dianggap sebagai gulma yang dapat merusak lingkungan perairan. Enceng gondok dengan mudah menyebar melalui saluran air ke badan air lainnya, hidup mengapung di air dan kadang-kadang berakar dalam tanah. Tingginya sekitar 0,4 – 0,8 meter. Tumbuh di kolam-kolam dangkal, tanah basah dan rawa, aliran air yang lambat, danau, tempat penampungan air, serta sungai.

Seperti di sepanjang aliran Sungai Prajagumiwang yang juga banyak ditumbuhi tanaman Enceng Gondok, tanaman ini dianggap mengganggu lalu lintas (transportasi) air, khususnya bagi masyarakat yang kehidupannya masih tergantung dari sungai, karena enceng gondok dianggap sebagai gulma yang mengganggu maka berbagai cara dilakukan untuk menanggulanginya.

Salah cara untuk menanggulangi tanaman ini, menurut Saripin, masyarakat sekitar Sungai Parajagumiwang mengatakan enceng gondok tersebut dapat dimanfaatkan oleh para pengrajin sebagai bahan pembuatan kertas, kompos, biogas, perabotan, kerajinan tangan seperti membuat jaket, kursi, jok, sendal tas dll.” katanya.

Ia menjelaskan, masyarakat sekitar Sungai Prajagumiwang selalu menanam enceng gondok yang sudah panjang dan sudah dikeringkan di bawah sinar matahari dengan menjualnya kepada pengepul seharga antara 300 ribu hingga 325 ribu per kwintal, oleh pengepul, enceng itu diberikan kepada para pengrajin untuk dibuatkan berbagai macam barang seperti membuat jaket, kursi, jok, sendal, tas dll. (eka)

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments