Minggu, Maret 7, 2021
Beranda Terkait Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Raperda Revisi RTRW Purwakarta Ditargetkan Rampung Tahun...
Array

Terkait Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Raperda Revisi RTRW Purwakarta Ditargetkan Rampung Tahun 2017

FAKTA PERS – PURWAKARTA.

Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Revisi Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat ditargetkan rampung pada tahun 2017. Revisi RTRW ini untuk mengakomodir kebijakan pemerintah pusat terkait Proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung dan TOL Cikampek Palimanan (Cipali), Pemprov Jabar dan kebutuhan ruang di internal pengembangan wilayah Pemkab Purwakarta.

Kepala Bappeda Pemkab Purwakarta, Ir. Tri Hartono mengatakan Revisi RTRW Purwakarta ditargetkan rampung tahun 2017. Revisi ini untuk mengakomodir kebijakan pusat, Pemprov dan kebutuhan pengembangan ruang di internal wilayah Pemkab Purwakarta. “Sejak tahun 2016 kita sudah melakukan evaluasi peninjauan kembali terhadap RTRW Purwakarta, ternyata ada yang harus diakomodir,” jelasnya.

Revisi RTRW ini, kata dia, terkait kebutuhan ruang untuk proyek Kereta cepat Jakarta Bandung dan Jalan TOL Cipali. “Ada kebutuhan ruang untuk Proyek Kereta Cepat dan adanya TOL Cipali yang perlu kita siapkan yang masuk pada wilayah Purwakarta. Apa yang perlu diakomodir disana, seperti industri atau permukiman, itu juga harus dibuka akses Jalan TOL nya disana,” terang Tri usai Rapat Paripurna DPRD tentang RTRW Purwakarta tahun 2011-2031 di Kompleks Gedung DPRD Purwakarta, Senin (23/10).

Menurutnya, berkaitan dengan Revisi RTRW ini juga akan mengakomodir kebutuhan pengembangan ruang wilayah Pemkab Purwakarta. “Tentu ada perubahan walaupun relatif kecil, dari hasil evaluasi peninjauan kembali. Terjadi simpangan atau perubahan sekitar 6% terhadap RTRW yang ada sekarang. Juga mengakomodir Pemprov Jabar, dimana pemkab Purwakarta ditetapkan sebagai yang masuk pada wilayah metropolitan,” tutup Tri Hartono.

Dalam Rapat Paripurna DPRD Pembahasan Raperda tentang Perubahan Perda No. 11 tahun 2012 tentang RTRW Purwakarta tahun 2011-2031, seluruh Fraksi sepakat dan mendukung Raperda Revisi RTRW Purwakarta 2011-2031.

Dalam pemandangan umum Fraksi, Fraksi PDIP mendukung sepenuhnya tentang perubahan RTRW dengan catatan semata-mata hanya untuk kesejahteraan masyarakat Purwakarta.

Fraksi PPP juga mendukung perubahan RTRW dengan catatan agar dibahas sebaik-baiknya dan pemikiran yang jauh kedepan.

Sementara Fraksi Kebangkitan Bangsa, Golkar, Gerindra, Nasdem, Hanura dan Amanat Demokrat tidak membacakan pemandangan umumnya, namun menyerahkan langsung kepada Pimpinan rapat Paripurna DPRD.

Pembahasan Raperda Revisi RTRW 2011-2031 akan dilanjutkan pembahasan ketingkat pansus. (rom)

Most Popular

Recent Comments