Minggu, Juli 25, 2021
BerandaWarga Gita Tidore Ikut Penyuluhan Emas Biru
Array

Warga Gita Tidore Ikut Penyuluhan Emas Biru

FAKTA PERS – TIDORE KEPULAUAN.

Sebanyak 72 orang warga Desa Gita, Kecamatan Oba Kota Tidore Kepulauan, yang tergabung dalam kelompok nelayan pada Sabtu (07/10/17) kemarin mengikuti penyuluhan Emas Biru yang dilaksanakan oleh Satgas TMMD 100 Kodim 1505/Tidore.

Pasiter Kodim Tidore Kapten Inf Andi Purwanto, serta Tim Penyuluh dari Dinas Perikanan dan Kelautan Tidore Kepulauan, Mansyur Syarif dan Burhan Samad.

Program emas Biru merupakan program Pangdam XVI/Pattimura dan Pemerintah Daerah dalam rangka mensejahterakan masyarakat dan memanfaatkan potensi wilayah yang ada, antara lain sumber daya manusia, sumber daya alam dan sarana yang ada.

potensi alam desa Gita bisa diberdayakan yaitu keramba dan rumput laut yang bisa dikelola sehingga prospect dari pengembangan sektor perikanan pada wilayah Tidore Kepulauan yang mana sektor perikanan tangkap dan budidaya menjadi sub sektor unggulan yang harus dikelola secara komprehensif, terarah dan terpadu sehingga kita sangat yakin bahwa masyarakat Oba khususnya Desa Gita akan sejahtera jika potensi laut dikelola dengan baik.

Menurut tim penyuluh Pertanian Dinas Perikanan dan Kelautan Tidore Kepulauan, bahwa potensi alam desa Gita bisa diberdayakan dengan keramba dan rumput laut yang bisa dikelola sehingga prospect dari pengembangan sektor perikanan di wilayah Tidore Kepulauan berupa sektor perikanan tangkap dan budidaya menjadi sub sektor unggulan. Namun demikian, hal itu tentunya harus dikelola secara komprehensif, terarah dan terpadu sehingga kita sangat yakin bahwa masyarakat Oba khususnya Desa Gita akan sejahtera jika potensi laut dikelola dengan baik.

Untuk itu, perlu adanya sinergitas antara semua stakeholder perikanan yang ada di Tidore Kepulauan, para nelayan diberikan kemampuan serta teknologi yang ramah lingkungan (alat tangkap ikan bubu) dalam mengelola sumberdaya lautnya agar pengelolaan sektor kelautan dan perikanan dapat berjalan secara berkelanjutan.

Terpisah, Dansatgas TMMD 100 Kodim 1505/Tidore Letkol Inf Harrisal Ismail Subing kepada Fakta Pers beberapa waktu lalu,  menyampaikan bahwa penyuluhan Emas Biru yang merupakan program unggulan dari Kodam XVI/Pattimura kita masukan kedalam sasaran non fisik dalam pelaksanaan TMMD ini karena hal tersebut sejalan dengan kondisi geografi wilayah Maluku Utara khususnya Kecamatan Oba yang dekat dengan garis pantai sehingga diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi nelayan lokal untuk perbaikan penghasilan dan taraf hidup masyarakat melalui pengelolaan dan manajemen kelautan dan perikanan modern.

(ss)

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments