Kamis, Maret 4, 2021
Beranda Wawali Tidore Buka Rakerda Tahun 2017
Array

Wawali Tidore Buka Rakerda Tahun 2017

FAKTA PERS – TIDORE KEPULAUAN.

Pemerintah Kota Tidore Kepulauan, Selasa (17/10) pagi, menggelar Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Tahun 2017. Rakerda yang dipusatkan di aula Sultan Nuku Kantor Walikota ini dibuka oleh Wakil Walikota Muhammad Senin, SE dan akan berlangsung selama dua hari yaitu  17-18 Oktober 2017 dengan mengusung tema ”Memperkuat Konsolidasi Sektoral Menuju Kota Jasa Berbasis Agromarine”.

Dalam sambutannya Wakil Walikota mengatakan Rakerda yang diselenggarakan hari ini merupakan forum pemerintah daerah yang sangat penting dilakukan guna mengevaluasi seluruh pelaksanaan pembangunan dan pelayanan pemerintahan. Forum ini juga menjadi media untuk mengukur keberhasilan penyelenggaraan urusan otonomi daerah yang dilimpahkan kepada Pemerintah Daerah.

“Rapat kerja daerah hari ini merupakan rapat kerja kedua dalam kepemimpinan saya bersama Walikota. Tentu di tahun ini kami berharap target dan pencapaian pembangunan yang telah tertuang dalam RPJMD dapat menunjukan perkembangan yang signifikan,” kata Muhammad Senin.

Wakil Waliota juga mengatakan, tantangan pelaksanaan pembangunan saat ini begitu ketat, sehingga membutuhkan   tindakan- tindakan terarah yang terkonsolidasi dengan baik, agar setiap tahapan kebijakan yang dilaksanakan mendapatkan respon positif dari masyarakat.

“Mari kedepankan koordinasi, komunikasi, tindakan solutif, serta mampu meleburkan ego sektoral yang menjadi penghambat. Setiap Pimpinan unit harus dapat memotivasi dirinya, memotivasi bawahannya, mampu menempatkan diri sebagai solusi ditengah permasalahan yang berpeluang terjadi,” tutur Muhammad Senin.

Sementara laporan Kepala Bagian Pemerintahan, Saleh Mahifa menjelaskan tujuan diselenggarakannya Rakerda yaitu Penguatan presepsi dan gerak langkah aparatur pemerintahan Daerah sehingga penyelenggaraan program dan kegiatan di setiap SKPD dapat terlaksana dengan maksimal dan tepat waktu, membangun konsolidasi sektoral melalui koordinasi dan komunikasi yang efektif antar SKPD maupun dengan Camat, Lurah dan Kepala Desa, baik secara formal maupun informal, untuk saling memberi solusi terbaik dalam setiap permasalahan dan kesulitan yang dihadapi, mengidentifikasi permasalahan-permasalahan pembangunan, mulai dari tingkat SKPD sampai Kelurahan/Desa serta mendesain kebutuhan-kebutuhan program strategis pembangunan Tahun 2018 sesuai perkembangan isu lokal dan Nasional.

Materi dalam Rakerda ini meliputi ceramah umum tentang hubungan kerja Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Sesuai Tugas Pokok dan Fungsi) dengan Birokrasi Pemerintah Kota Tidore Kepulauan oleh Anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kota Tidore Kepulauan.

Ceramah umum tentang “Konsep dan Implementasi Smart City ” yang disampaikan oleh DR. Syamsu Rizal MI, S.Sos.,M.Si. Pada kesemptan tersebut juga akan diisi dengan ceramah umum  oleh Sekretaris Daerah Kota Tidore Kepulauan, Ir. H. Thamrin Fabanyo, MTP.

Rakerda tersebut juga dihadiri Ketua DPRD Kota Tidore Kepulauan, Anas Ali, SE, Forkompinda, Sejumlah Anggota DPRD.

Sementara Peserta yang akan mengikuti Rakerda Tahun 2017 terdiri dari, Sekretaris Daerah, Asisten Sekda, Staf Ahli, Sekretariat DPRD dan Inspektorat, Kepala Dinas, Badan dan Kantor, Pimpinan instansi vertikal dan Pimpinan BUMD, Camat, Lurah, Kepala Desa, TP PKK dan DWP Kota Tidore Kepulauan. (ss/hms)

Most Popular

Recent Comments