Selasa, Maret 2, 2021
Beranda Dunia Advokat di Ibukota Diramaikan dengan Hadirnya Pengacara Muda Asal Tapanuli yang...
Array

Dunia Advokat di Ibukota Diramaikan dengan Hadirnya Pengacara Muda Asal Tapanuli yang Kibarkan Bendera

faktapers.id – Adhitya W Immanuel Simanjuntak SH beru-baru ini telah meresmikan kantor hukumnya bernama “Law Office FL Adhitya WIMS & Associates” yang beralamat di Jalan Rawa Kepa Utama No 122 B, Tomang, Grogol Petamburan, Jakarta Barat.

Meski pendatang baru di dunia Advokat, Adhitya dinilai telah banyak menangani perkara baik di dalam maupun di luar kota. Salah satu kasus perdata yang lumayan besar ditangani yaitu gugatan class action di kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau, mendampingi korban penjualan ginjal EM dan kawan-kawan pada tahun 2017 untuk mendapatkan hak restitusi, menangani perkara tanah dan pendampingan warga Blok Tembok Cengkareng.

Kemudian, ia juga masuk sebagai tim pengacara dalam kasus pembakaran sekolah SDN di Palangkaraya yang sempat menarik perhatian publik.

Menurutnya, perkara tersebut terkesan dipaksakan. Dia mengakui memang benar ada beberapa sekolah yang dibakar di Palangkaraya, akan tetapi kliennya sama sekali tidak punya hubungan apa pun dengan perkara tersebut. Bahkan, tidak ada satu saksi pun yang melihat maupun menjelaskan hubungan antara kliennya dengan peristiwa terbakarnya sekolah tersebut. Serta minimnya alat bukti oleh jaksa dalam perkara itu.

“Perkara tersebut sangat menarik buat saya, meskipun saya tidak dibayar sepeser pun. Menangani perkara itu adalah tanggung jawab moral bagi saya. Bahkan, saat membacakan nota pembelaan, saya berurai air mata,” jelasnya kepada wartawan.

Akan tetapi, tambah Adhitya, saat mendengarkan majelis hakim membaca pertimbangan putusan, sangat jauh dari fakta yang terungkap di persidangan. Hakim pun mengetuk palu vonis dengan hukuman 1 tahun 6 bulan penjara. “Maka kami mengajukan banding atas putusan tersebut,” sebutnya.

Cita-cita Menjadi Advokat

Menjadi advokat adalah cita-cita Adhitya sejak kecil, terinspirasi dari ayahanda yang juga seorang pengacara kondang di Sumatera Utara yang kini terjun ke dunia politik.

Menurutnya, advokat adalah suatu profesi yang menuntut totalitas dan loyalitas terhadap kepentingan klien dalam pendampingan hukum.

Advokat adalah profesi yang officium nobile (profesi yang mulia). Baginya menjadi advokat adalah menjadi pelayan Tuhan. “Sebagai advokat kita harus bisa menjadi saluran berkat bagi orang banyak, khususnya para pencari keadilan,” lanjutnya.

Alumni Universitas Trisakti Jakarta ini memulai karirnya sebagai pemberi bantuan hukum di Yayasan Lembaga Bantuan Hukum dan Kemanusiaan Duta Keadilan Indonesia (YLBHK DKI) dan “Law Office Bintang & Partners”, serta menjadi anggota Perhimpunan Advokat Indonesia (PERADI).

Berangkat dari pengalaman tersebut Adhitya kemudian mendirikan sebuah kantor hukum, “FL Adhitya WIMS & Associates”, sebagai founder Adhitya juga menggandeng beberapa lulusan dari berbagai Universitas, antara lain Nimerodi Gulo SH, (Universitas Pamulang), Marten Hasibuan SH (Universitas HKBP Nommensen Medan) Idra Wirawan SH, (Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat), M Risvan W Putra SH (Universitas Tadulaku Palu).

Disamping itu, Adhitya kelahiran Tapanuli ini, juga aktif di berbagai Ormas dan OKP sejak dini. Ia merupakan pendiri dan Ketua Umum Forum Persatuan Generasi Muda (FPGM) Tapanuli Utara saat usianya masih 15 tahun, Badan Penyuluhan dan Pembelaan Hukum (BPPH) Pemuda Pancasila Propinsi DKI Jakarta (sampai sekarang), Wakil Ketua Angkatan Muda Partai Golkar (AMPG) Jakarta Barat (sampai sekarang), wakil ketua Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) Jakarta Barat (sampai sekarang), dan berbagai organisasi lainnya.

pewarta/editor: mw

Most Popular

Recent Comments