Jumat, Maret 5, 2021
Beranda Hati-hati Banyak Web Phising Tersebar di Whatsapp
Array

Hati-hati Banyak Web Phising Tersebar di Whatsapp

Faktarpers.id – Phising adalah suatu metode yang di gunakan hacker untuk mencuri password dengan cara mengelabui target menggunakan fake form login pada situs palsu yang menyerupai situs aslinya.

pada beberapa kasus, situs palsu tersebut tidak terlalu mirip namun karena target kurang berhati hati dan tidak punya pengalaman tentang metode phishing maka bisa saja terjebak.

Istilah phishing dalam bahasa Inggris berasal dari kata fishing alias memancing, dalam hal ini maksudnya adalah memancing informasi dan kata sandi pengguna. Penulisan dalam bahasa inggris menggunakan kata phishing tapi orang indonesia sering salah menulis menjadi phising. pada artikel ini maksud keduanya adalah sama.

Canggihnya teknologi yang tengah berkembang di Indonesia makin kita harus berhati-hati dalam mewaspadai web phising.

Ada beberapa diduga web phising yang tersebar lewat Whatsapp dan facebook.

Apakah kamu pernah menerima hal seperti ini ?

1. McDonald´s Indonesia memberi setiap orang kupon gratis Rp 255.00,00 ??? Cepat, yangs bagus terbatas
https://id-kupon.site/mcdonalds

Didalam web tersebut berisi survei yang harus anda isi dan tidak bisa di back. Hal ini terkesan anda digiring untuk menjawab sebuah pertanyaan yang disediakan.

Dengan iming-iming kupon senilai Rp 25p ribu.

Pada pertanyaan terakhir anda akan diminta untuk share ke 30 teman/ group whatsapp dan dibawahnya tertera komentar facebook yang ternyata itu hanyalah rekayasa sebuah gambar.

Penilaian faktapers.id, si pembuat situs hanya meraup keuntungan dari iklan google yang terpampang jelas di situs tersebut.

Bayangkan berapa juta orang yang akan membuka situs tersebut dan berapa ratus dolar yang akan diterima si pembuat situs hanya dengan iming-iming kupon palsu.

2. Garuda Indonesia are celebrating 68 years of existence, and they are giving away 300 x IDR 6800000 vouchers. You can claim one here: http://www.garuda-indonesia.com-newvoucher.com!!!!! There are still few of them left! I goT Mine ❤❤

Pada web ini anda akan dibawa ke sebuah lama yang mengatas namanakan Pt Telekomunikasi Indonesia dan secara acak anda terpilih untuk mendapatkan Apple iPhone X.

Dibawahnya tertera pertanyaan yang kemudian akan diarahkan ke sebuah laman untuk anda mengklain sebuah hadiah yang pada akhirnya anda harus mengisi formulir.

Namun, jika anda membuka link ini untuk kedua kalinya, maka akan berbeda laman yang akan terbuka.

Hati-hati ! Data yang ada masukan secara otomatis sudah berpindah ke orang lain.

3. Adidas is celebrating its 68th anniversary by giving free pair of shoes to 250 customers
Grab Your Adidas Shoes Now
http://shoescares.com/adidas/

Untuk yang satu ini sepertinya sudah tidak bisa dibuka lagi, alias situs tidak ditemukan atau telah dihapus.

4. You can now activate the new multicolor Whatsapp! Click here to activate! http://go2l.ink/1m2n

Begitu juga dengan yang satu ini juga sudah tidak ditemukan lagi.

Jika anda tidak ingin terjebak penipuan oknum yang tak bertanggung jawab, sebaiknya anda tidak perlu membuka link yang saat ini tersebar dengan iming-iming berbagai macam hadiah dan tidak menyebarkannya.

Pewarta: uaa
Editor:mw

Most Popular

Recent Comments