Kamis, Februari 25, 2021
Beranda 4 Program Unggulan Kecamatan Karawaci untuk Sejahterakan Warga
Array

4 Program Unggulan Kecamatan Karawaci untuk Sejahterakan Warga

TANGERANG, faktapers.id – Kecamatan Karawaci memiliki empat program unggulan dalam pemberdayaan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, yakni Kampung wisata, Pengelolaan zakat, Koperasi dan UKM.

Camat Karawaci, Suli Rosadi mengatakan, pengembangan Kampung wisata dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat sebab potensi kearifan lokal akan mengundang wisatawan sehingga menghidupkan perekonomian warga setempat.

“Pengembangan Kampung Wisata tidak sekedar mengikuti program PHBS namun berkelanjutan dengan mendorong kearifan lokal menjadi potensi unggulan,” ujarnya, beberapa saat lalu.

Ia menjelaskan program kampung wisata berkorelasi dengan UKM dan Koperasi sebab melalui keduanya masyarakat diberdayakan untuk mengembangkan potensi kearifan lokal yang dimiliki.

“Masyarakat yang sudah memiliki usaha maupun keterampilan akan didampingi tim UKM untuk diajari terkait pengembangan produk dan usaha, kemudian terkait permodalan akan dibantu melalui koperasi,” paparnya.

Program unggulan lainnya adalah pengelolaan zakat bagi aparatur pegawai di lingkup Kecamatan Karawaci. Zakat yang terkumpul digunakan untuk pengembangan UKM di Kampung wisata maupun masyarakat yang tidak mampu, namun membutuhkan modal usaha.

“Ada warung-warung kecil yang sudah dibantu melalui pengelolaan zakat dari pegawai di Kecamatan Karawaci. Selain itu pengelolaan zakat juga membantu masyarakat dalam bentuk beasiswa, maupun bantuan sosial lainnya,” katanya.

Empat program unggulan Kecamatan Karawaci merupakan pelengkap dari Program Tangerang LIVE yang menjadi program utama Pemkot Tangerang.

Program Tangerang LIVE yang digagas Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah meliputi ‘Liveable’ yakni Kota yang Layak huni, ‘Investable’ Kota yang layak investasi, Kota yang layak dikunjungi atau ‘Visitable’ dan Kota Pintar atau ‘E-City’. ●fp02

 

Most Popular

Recent Comments