Jumat, Maret 5, 2021
Beranda Bangun LRT, Menhub Join Pendana Asing
Array

Bangun LRT, Menhub Join Pendana Asing

JAKARTA, FAKTA PERS – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengklaim se­jumlah pihak mengaku ingin mengembangkan pembangu­nan LRT di tiga kota besar, yak­ni Medan, Bandung, dan Sura­baya. Hal itu dilakukan sebagai solusi mengurangi kepadatan lalu lintas.

Selain itu dapat mengu­rangi kemacetan lalu lintas, pembangunan LRT juga di­harapkan bisa mengubah gaya hidup masyarakat dari semula menggunakan kendaraan prib­adi menjadi beralih ke trans­portasi massal.

Untuk itu Pemerintah berniat mengajukan propos­al pembangunan kereta api ringan (LRT) kepada peserta forum International Monetary Fund-World Bank (IMF-WB) yang akan berlangsung di Bali, di bulan Oktober 2018 men­datang.

“Saat sidang IMF dan Bank Dunia Oktober nanti di Bali, pemerintah ingin mengajukan proposal pembangunan LRT di tiga kota dengan harapan studi kelaikan sudah bisa difinalisa­si,” ungkap Menteri Perhubun­gan Budi Karya Sumadi, belum lama ini

Menurut Menhub sejum­lah pihak asing memang sudah pernah menyatakan keingi­nannya untuk membangun LRT dan kereta api di Indo­nesia, karena memang dinilai memiliki nilai ekonomis.

“Pemerintah juga sedang mendorong pihak asing, ter­masuk swasta asing, ikut terli­bat dalam membangun infra­struktur transportasi massal, seperti LRT dan kereta api yang dinilai efektif mengurangi kepadatan di jalan raya. Saya contohkan swasta Jepang ter­tarik membangun kereta cepat Jakarta-Surabaya yang nilainya fantastis hingga Rp60 triliun,” jelas Budi Karya.

Atas keinginan pihak asing tersebut pemerintah tentunya menyambut baik keinginan IMF dan World Bank terlibat dalam pembangunan LRT di Medan, Bandung dan Suraba­ya. Karena dipastikan industri kereta api nasional akan ter­kena dampaknya dan makin dikenal di mata internasional.

“Produksi kereta Inka su­dah mampu menembus pasar Bangladesh. Dan kita membuk­tikan karya anak bangsa sudah mampu berbicara di mata dun­ia,” sebut Menhub. fp01

Most Popular

Recent Comments