Minggu, Maret 7, 2021
Beranda Desainer Anna Mariana Tampilkan Kreasi Tenun dan Songket di Lebaran Betawi 2018
Array

Desainer Anna Mariana Tampilkan Kreasi Tenun dan Songket di Lebaran Betawi 2018

JAKARTA, faktapers.id – Desainer kenamaan Anna Mariana rupanya tak mau melewatkan momen Lebaran Betawi. Sejumlah kreasi tenun karyanya pun tampil meramaikan acara penutupan Lebaran Betawi 2018 yang digelar di Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Minggu (29/7/2018).

Menampilkan 20 baju  wanita dan 10 baju pria yang dikreasikan dari tenun dan songket motif batik, Anna mengusung tema warna ‘merah putih’ sesuai suasana jelang HUT Kemerdekaan RI ke-73. Puluhan kreasi baju itu langsung diperagakan oleh peragawan/peragawati.

Dalam kesempatan itu, Anna yang merupakan kreator Tenun Nusantara sekaligus penemu Tenun Babe (Bali Betawi) ini memberikan cindera mata berupa cukin dan selendang tenun warna merah kepada Gubernur DKI Anies Baswedan.

Menurut Anna, cinderamata itu sebagai pengingat  dan penyemangat bahwa di Betawi sudah lahir tenun khusus khas milik Betawi.

“Tenun harus terus diupayakan berkembang ke tingkat lanjutan. Dan tentu saja memerlukan dukungan pemerintah,” katanya.

Sementara Anies Baswedan yang hadir bersama istri, Fery Farhati Ganis, menjelaskan Lebaran Betawi  yang sudah 11 kali diselenggarakan ini bukan hanya merupakan simbol untuk melestarikan budaya, tapi  juga mengembangkan budaya.

“Ini semua Insya Allah menjadi kesadaran bagi kita semua. Karena itu  pula perayaan Betawi bukan hanya dihadiri oleh masyarakat Betawi, tapi juga semua lapisan masyarakat dari beragam budaya  yang ada di Jakarta,” kata Anies.

Anies juga menyinggung soal perhelatan Asian Games yang sebentar lagi bakal digelar. Dia meminta warga Jakarta untuk menunjukkan sikap ramah kepada para tamu dari negara-negara peserta pesta olahraga terbesar se-Asia itu. ● umar

 

 

 

Most Popular

Recent Comments