Sabtu, Februari 27, 2021
Beranda Gempa Lombok Telan Korban, Seorang Pendaki Tewas, Ratusan Terjebak
Array

Gempa Lombok Telan Korban, Seorang Pendaki Tewas, Ratusan Terjebak

Jakarta, faktapers.id – Jalur pendakian Gunung Rinjani masih ditutup akibat gempa bumi berkekuatan 6,4 SR yang melanda Lombok, Nusa Tenggara Barat pada pukul 05.47 WITA, Minggu (29/7/2018) kemarin.

Gempa terletak pada koordinat 8,4 LS dan 116,5 BT, tepatnya di darat pada jarak 47 kilometer arah timur laut Mataram dengan kedalaman 24 kilometer, namun tidak berpotensi tsunami.

Hingga Minggu malam pukul 22.00 WIB, telah terjadi 213 kali gempa susulan dengan magnitudo terbesar 5,7 SR.

Kejadian gempa di Lombok, Nusa Tenggara Barat ini pun rupanya berimbas sampai ke negeri jiran, Malaysia.  Bahkan Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysia Syed Saddiq ikut berduka atas terjadinya gempa tersebut. Rupanya seorang pendaki asal Malaysia, Siti Nur Iesmawida Ismail (30), tewas setelah menaklukkan Gunung Rinjani saat gempa itu terjadi.

Sebenarnya Siti Nur Iesmawida Ismail bersama rekan-rekannya sudah berada di homestay kaki Gunung Rinjani saat gempa itu terjadi. Namun homestay tersebut roboh akibat gempa. Siti tewas seketika tertimpa reruntuhan bangunan, sementara beberapa temannya mengalami luka.

Humas Kantor Pencarian dan Pertolongan Mataram, I Gusti Lanang Wiswananda mengatakan, ratusan pendaki saat ini masih terjebak di kawasan Gunung Rinjani. “Berdasarkan informasi sisanya masih 266 orang,” katanya.  fp02

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Most Popular

Recent Comments