Sabtu, Mei 8, 2021
BerandaICW Desak Presiden Copot Menkumham
Array

ICW Desak Presiden Copot Menkumham

JAKARTA, faktapers.id – Seluruh staf dan pejabat di Lapas Sukamiskin tahu persoalan ‘sel mewah’, maka Kementerian Hukum dan HAM harus segera memindahkan mereka ke lapas lain agar kejadian serupa tidak terus-menerus terjadi.

Demikian ditegaskan Peneliti Indonesia Corru ption Watch (ICW), Emerson Yuntho,

terkait dengan kasus “sel mewah” yang terbongkar usai KPK melalukan tangkap tangan terhadap Kalapas Sukamiskin,  Wahid Husein.

“Kasus Lapas Sukamiskin merupakan kejahatan masif dan sistematis. Tidak mungkin mereka tidak tahu soal pembongkaran sel untuk menaruh kitchen set atau lokasi sel tiap orang,” ungkapnya di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Menurut Emerson, sepanjang tidak ada efek jera, maka kejadian serupa bisa terus terulang. Maka untuk menyelesaikan persoalan sistematis di lapas, Yasonna tidak bisa menyambi sebagai calon legislatif.

Ia berpendapat Menteri Hukum dan HAM Yasonna Hamonangan Laoly kurang tegas dalam mengawasi kasus jual-beli sel.

“Peristiwa seperti ini sudah berulang kali terjadi, kami meminta Presiden Jokowi untuk mencopot Menkumham dari jabatannya,” tandas Emerson.

Terbongkarnya kasus transaksi suap antara narapidana kasus korupsi dan pejabat di lapas usai tertangkapnya Kalapas Sukamiskin Wahid Husein. Transaksi itu diduga agar narapidana mendapatkan fasilitas mewah selama mendekam di sel.

Diketahui saat ini, Yasonna juga menjadi calon legislatif dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) melalui daerah pilihan Sumatera Utara I. Dia adalah salah satu menteri Kabinet Kerja yang menggunakan hak politik menjadi caleg dalam pemilu legislatif tahun depan. ●fp01

 

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments