oleh

KPK: Hanya 30 dari 107 Kalapas Lapor Harta Kekayaan

JAKARTA, faktapers.id – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengungkapkan mayoritas Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) belum melaporkan harta kekayannya melalui LHKPN. Dari total 107 Kalapas, hanya 39 orang yang telah patuh melaporkan harta kekayannya di tahun 2017.

”Dengan demikian, sebanyak 68 kalapas belum melaporkan harta kekayaannya kepada KPK. “Tingkat kepatuhan Kalapas 36,45%. Tingkat kepatuhan Kalapas juga terbilang rendah,” ujar juru bicara KPK di Jakarta, Febri, Senin (21/72018).

Pasalnya, sambung Febri, melalui penerapan kewajiban pelaporan LHKPN secara benar, kemungkinan-kemungkinan perolehan kekayaan dilakukan secara tidak wajar dan diluar kepatutan, dapat diminimalisir sejak awal. Menurutnya fungsi pengawasan internal pun bisa lebih kuat jika menemukan ada pelaporan yang tidak benar.

“Hal ini sepatutnya menjadi perhatian serius bagi Kementerian Hukum dan HAM,  jika memang berkeinginan melakukan perubahan dan pencegahan korupsi,” katanya.

Disampaikan Febri, KPK meminta agar Kemenkum HAM menjadikan ini sebagai hal yang serius dalam melakukan perbaikan pasca terungkapnya kasus suap Kalapas Sukamiskin, Wahid Husein yang diduga menerima suap terkait fasilitas mewah sel tahanan koruptor dan berbagai izin luar biasa.

“Kewajaran penghasilan dibanding dengan kekayaan kami harap ke depan juga menjadi perhatian serius semua pihak, akan lebih baik jika dimulai dari pengawasan internal,” pesan Febri. ●fp03

Komentar

News Feed