Rabu, Juni 16, 2021
BerandaLRT Jakarta Diresmikan 10 Agustus 2018
Array

LRT Jakarta Diresmikan 10 Agustus 2018

Jakarta, Fakta Pers – Saat ini pembangunan di tiga lintasan LRT Jabodebek masih terus berlangsung, yakni lintasan Cibubur-Cawang, Bekasi-Cawang dan Cawang-Dukuh Atas.

LRT Jabodetabek nantinya akan dioperatori oleh PT KAI. Untuk keretanya melintas di sepanjang jalur LRT Jabodebek.menggunakan kereta dari dalam negeri produksi PT INKA untuk Pekerjaan dengan umur paling muda yang ada di lintasan Cawang-Dukuh.

Aakan tetapi, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyampaikan, untuk LRT Jakarta bakal diresmikan 10 Agustus 2018 mendatang.

“Kita resmikan bisa tanggal 10 mungkin ya, 10 Agustus,” sebutnya di proyek LRT Stasiun Kelapa Gading Boulevard Jakarta, belum lama ini.

Menhub mengaku sampai saat ini belum ada deviasi, masih terkontrol. Cuma memang mengalami kendala di beberapa titik di MT Haryono sama Gatsu (Gatot Soebroto) yang masih pembebasan tanah. Sinkronisasi trase di Setiabudi sampai Dukuh Atas yang masih belum selesai sehingga belum bisa kita lakukan konstruksinya,” ungkapnya.

Pembangunan light rail transit (LRT) Jakarta menghubungkan Kelapa Gading ke Velodrome terus dikebut. Rencananya, LRT ini akan dipakai saat Asian Games.

Budi Karya menjelaskan secara keseluruhan proyek ini sudah mencapai 75%. Depo LRT sendiri progresnya masih 15%.

Sedangkan untuk prasarana dan sarana sudah hampir selesai atau mencapai 92%.

“Overall 75%, dari 75% itu 15% adalah depo. Jadi sebenarnya ini sudah 92%,” kata Budi Karya.

Budi melanjutkan, selain pembangunan fisik LRT, saat ini sertifikasinya juga sedang dikebut. Sertifikasi LRT tengah berlangsung dan direncanakan selesai Agustus mendatang.

Menurutnya LRT merupakan bagian sistem transportasi massal Jakarta. LRT akan melengkapi jaringan transportasi massal lain seperti MRT.

“Jadi kita harapkan interkoneksinya itu, antar moda dengan MRT,  dengan bus dengan kereta listrik dan sebagainya,” pungkas Menhub. fp02

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments