Selasa, Mei 11, 2021
BerandaMabes TNI Kirim Bantuan untuk Atasi Bencana Kelaparan di Pedalaman Seram
Array

Mabes TNI Kirim Bantuan untuk Atasi Bencana Kelaparan di Pedalaman Seram

JAKARTA, faktapers.id – Sejumlah bantuan pangan tanggap darurat dari berbagai pihak mulai tiba di permukiman warga Komunitas Adat Terpencil (KAT) Suku Mause Ane di pedalaman hutan Seram, Gunung Morkele, Maluku Tengah, salah satunya bantuan dari Mabes TNI.

“Kami dari mabes TNI atas perintah Panglima TNI kami datang ke sini untuk melaksanakan operasi penguatan bantuan kemanusiaan yang telah dilakukan oleh Kodam XVI/Pattimura,” ujar Dansatgas (Paban V/Bhakti Ster TNI) Kolonel Inf Farid Makruf, Sabtu (28/7/2018).

Bantuan ini untuk mengatasi kelaparan yang telah menewaskan sedikitnya 4 orang, yaitu  adalah Lusirue (50), Asoka (2 Bulan), Aiyowa (4), dan Laupia (60). Jumlah warga suku ini hanya sekitar 200 orang dan terpencar di 3 lokasi. Lokasi mereka sangat terpencil, sehingga dibutuhkan waktu 2 hari dari ibu kota kabupaten menuju lokasi.

Mereka hidup berpindah-pindah dari satu wilayah ke wilayah yang lain. Mereka juga jauh dari modernitas, tidak bisa berbahasa Indonesia, bahkan sampai sekarang belum terdata dalam catatan negara sebagai warga Indonesia.

Bantuan berupa makanan dan stok obat-obatan. Ada juga tim TNI terdiri dari 14 orang untuk mendata serta mencegah terjadinya kejadian serupa terulang.

Farid Makruf menjelaskan, tugas TNI hanya membantu pemerintah daerah dalam melindungi dan menjaga warganya yang berada di Maluku Tengah.

Sementara Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Maluku, Farida Salampessy, di Ambon, Sabtu (28/7/2018) kemarin menjelaskan, sebagian bantuan sudah dibagikan kepada 48 kepala keluarga (KK) atau 184 jiwa Suku Mause Ane yang dilanda krisis pangan akibat hama babi dan tikus.

“Banyak pihak telah menyalurkan bantuan pangan untuk tanggap darurat bencana kelaparan dalam beberapa hari terakhir dan telah diterima warga suku pedalaman Pulau Seram tersebut,” kata Salampessy.

Sejumlah bantuan yang telah didistribusikan di antaranya dari BPBD Maluku Tengah berupa 45 paket familly kid’s, kain sarung pria, kain sarung wanita, selimut, handuk besar, handuk sedang serta tikar 90 lembar, serta dua ton beras dari Dinas Ketahanan Pangan Maluku Tengah, serta bantuan dari madrasah Aliyah Nurhuda Pasahari berupa 10 karung beras dan tujuh karton mie instan.

Sedangkan bantuan dari TNI dan Polri setempat di antaranya dari Koramil 1502-05/Wahai berupa 500 kg beras, 25 karton mie instan dan 20 karton air mineral, serta satuan Satuan Brigif 27/Nusa Ina berupa 20 karung beras, 14 karton mie instan, tujuh karung pakaian layak pakai serta kompor Lapangan dan satu boks alat masak. umar

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments