Kamis, Maret 4, 2021
Beranda Menkeu: Postur APBN 2018 Sudah Cukup Baik
Array

Menkeu: Postur APBN 2018 Sudah Cukup Baik

Jakarta, faktapers.id – Postur APBN 2018 dinilai sudah cukup baik, tidak mengalami deviasi besar dalam hal penerimaan negara dan belanja negara serta yang paling penting adalah, defisit anggaran yang  lebih kecil dari asumsi awal. Oleh karena itu Menteri Keuangan Sri Mulyani memastikan bahwa pemerintah tidak akan mengubah postur APBN 2018 melalui APBN Perubahan 2018.

“Realisasi defisit semester pertama APBN 2018 yakni Rp 110 triliun. Angka ini lebih kecil dari dibandingkan realisasi defisit semester pertama APBN 2017 yang menyentuh angka Rp 175 triliun. Dari sisi keseimbangan juga dinilai sehat, dimana  semester pertama APBN 2018, pemerintah menerima surplus sebesar Rp 10 triliun. Ini berbeda dengan periode yang sama pada tahun 2017 lalu di mana terjadi kekurangan (negatif) sebesar Rp 68 triliun,” jelas Menkeu Sri di Istana Presiden Bogor, Senin kemarin.

Diutarakannya hasil semester satu (APBN 2018) mengonfirmasikan bahwa pemerintah sangat berhati-hati dan juga sangat prudent dalam menjaga APBN 2018. Ini menggambarkan pemerintah terus berusaha untuk membuat APBN sehat dan kredibe. Meski demikian menurutnya kebijakan tidak mengubah postur APBN 2018 itu juga diikuti dengan mendorong dengan peningkatan ekonomi nasional. Apalagi, situasi ekonomi global masih dinilai tidak menentu.

“Bapak Presiden menyampaikan, untuk APBN 2018, kita tidak akan melakukan APBN Perubahan. Ini akan kami sampaikan kepada anggota dewan untuk dibahas pekan depan bersama-sama,” ujarnya.

“Saya sudah disampaikan Menperin bahwa kita terus melakukan berbagai upaya melihat sektor ekonomi, mana-mana yang perlu mendapat dukungan, baik dalam bentuk insentif atau dari lainnya, agar mereka tetap bisa gunakan kesempatan ini untuk meningkatkan ekspor, mengelola impor agar tidak meningkatkan tekanan terhadap eksternal balance,” pungkas Sri Mulyani. fp03

Most Popular

Recent Comments