Selasa, Maret 9, 2021
Beranda Pemkot Jakbar Gelar Operasi Binduk di Cengkareng Barat
Array

Pemkot Jakbar Gelar Operasi Binduk di Cengkareng Barat

JAKARTA, FAKTAPERS – Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Barat menggelar operasi Bina Kependudukan (Binduk) di wilayah Kelurahan Cengkareng Barat, Kecamatan Cengkareng, Rabu (18/7/2018) sore. Kegiatan yang dipimpin Wakil Wali Kota M. Zen ini dilaksanakan dalam rangka uji kepatuhan dan penegakkan perdadan pergub terkait pendataan penduduk baru.

Operasi Binduk dirasa perlu dilaksanakan di Kelurahan Cengkareng Barat karena jumlah penduduk di sana terus meningkat. “Untuk wilayah Cengkareng Barat, tingkat kepadatan penduduk per kilometer sekitar 20 ribu jiwa,” ujar M. Zen, Rabu kemarin.

Kepadatan penduduk di Jakarta Baratsecara keseluruhan memang melebihi kapasitas dikarenakan banyaknya warga pendatang baru. Berdasarkan data sementara Sudis Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil), jumlah pendatang baru pasca arus mudik lebaran 2018 di wilayah Jakarta Barat mencapai sekitar 12.300 jiwa.

M. Zen berharap kepada para lurah dan pengurus RT/RW turut membantu melakukan pendataan penduduk baru,sehingga akan diketahui secara pasti keberadaan mereka.

Saat berita ini diturunkan, pelaksanaan Binduk di wilayah Jakarta Barat masih berlangsung, khususnya di wilayah-wilayah yang banyak dihuni pendatang baru. “Operasi di Cengkareng Barat ini yang ke-6 dari 12 kali kegiatan yang digelar hingga akhir tahun. Mereka (pendatang baru) akan didata dan diberikan surat keterangan domisili sementara (SKDS),” kata Plt Kasudis Dukcapil Jakbar Edi Supriadi.

Edi menjelaskan kegiatan ini melibatkan banyak pihak. Selain petugas, kegiatan pendataan penduduk juga mengikutsertakan pengurus RT dan RW setempat. fp02 

 

Most Popular

Recent Comments