oleh

Razia “Jaring Ikan” di Simpang Tiga Ringroad Langgar Pasal 21 PP 80/2012

JAKARTA, faktapers.id – Razia tanpa papan pemberitahuan dan terkesan menjebak pengendara kendaraan yang melaju dari arah Jalan Karang Tengah di kawasan Kembangan, Jakarta Barat  menuju ringroad akhir-akhir ini nyaris menjadi pemandangan sehari-hari.

Seperti yang terlihat pada Selasa (31/7/2018). Razia digelar hanya beberapa meter setelah tikungan tajam tanpa ada rambu-rambu peringatan. Sudah begitu, oknum polisinya pun berdiri mencegat kendaraan di tengah jalan. Akibatnya, pemotor banyak yang terkejut dan ada yang nyaris jatuh dari motornya. Jelas hal ini membahayakan para pengendara.

“Polisi sepertinya sengaja memilih razia di tikungan supaya dapat mangsa banyak. Seharusnya kan ada rambu-rambu peringatan sebelum lokasi razia. Apalagi ini di tikungan yang tak terlihat. Mereka tak menghiraukan keselamatan pengguna jalan,” kata salah seorang pengguna jalan, Joni (35).

Selain di tikungan, oknum polisi juga kerap menggelar razia di turunan jalan. Jelas hal ini sama berbahayanya karena bisa membuat pengendara terkejut hingga bukan mustahil menyebabkan terjadinya kecelakaan lalu-lintas.

Seharusnya polisi tetap wajib mengutamakan keselamatan pengendara saat menggelar razia kendaraan bermotor dengan tidak menggelar razia di tikungan dan turunan jalan, karena jelas-jelas dalam Pasal 21 PP 80 tahun 2012, disebutkan Pemeriksaan Kendaraan Bermotor di jalan secara berkala dan insidental dilakukan di tempat dan dengan cara yang tidak mengganggu keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas.

Yang dimaksud dengan “tidak mengganggu keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas” misalnya tidak dilakukan di tikungan jalan. Jadi, dari bunyi pasal tersebut, jelas dan tegas diatur bahwa tikungan jalan merupakan tempat yang antara lain mengganggu keamanan dan keselamatan lalu lintas sehingga razia kendaraan bermotor yang dilakukan di tikungan jalan merupakan pelanggaran hukum.

Selain tentunya ada beberapa peraturan lain yang harus dipatuhi aparat kepolisian bila ingin menggelar razia, seperti razia tersebut setidaknya harus didampingi oleh satu orang perwira atau satu anggota provost, dan ada papan pemberitahuan dengan jarak 25 meter sebelum lokasi razia. MW

 

Komentar

News Feed