Jumat, Mei 7, 2021
BerandaTim Verifikasi Lomba PAAR Nasional Sambangi Tambora
Array

Tim Verifikasi Lomba PAAR Nasional Sambangi Tambora

JAKARTA, faktapers.id – Kelurahan Tambora merupakan salah satu wilayah padat penduduk di Kecamatan Tambora. Kepadatan penduduk di wilayah ini kurang lebih 12 ribu jiwa dengan luas wilayah 28,33 Ha. Namun Kelurahan Kalianyar menjadi wilayah paling padat penduduk di Kecamatan Tambora dengan populasi sekitar dua kali lipat lebih banyak.

“Kepadatan penduduknya (Kelurahan Tambora) bisa dibilang dua orang/1 meter persegi. Kalau di wilayah Kalianyar, empat orang/1 meter persegi,” ungkap Walikota Jakarta Barat H. Rustam Effendi,  kala menerima tim verifikasi lomba Pola Asuh Anak dan Remaja (PAAR) di kantor Kelurahan Tambora Kecamatan Tambora, beberapa saat lalu.

Dengan jumlah penduduk yang padat ini, kata Rustam, tentunya timbul permasalahan tersendiri, terutama dalam proses tumbuhkembangkan anak. Anak-anak terkadang sulit mencari tempat bermain dan belajar. Terbatasnya lahan serta banyaknya penduduk ini tentunya mempengaruhi pertumbuhan anak-anak.

“Sebagai solusi, camat, lurah dan pengurus RT dan RW yang menyiapkan ruangan seperti di kantor kelurahan, Pos RW atau mushola sebagai tempat belajar. Kami pun ingin menggerakkan jam wajib belajar mulai pukul 6-8 malam,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Tim verifikasi lomba Pola Asuh Anak dan Remaja tingkat nasional, Sri Sunari, mengucapkan terimakasih kepada jajaran PKK Jakarta Barat yang siap melaksanakan 10 Program PKK yang direalisasikan pada berbagai kegiatan.

Menurut Sri, kegiatan ini merupakan sikap gotong royong masyarakat. Sama seperti zaman penjajahan dimana untuk meraih kemerdekaan diraih dengan semangat kemerdekaan dan gotong royong.

“Tapi yang kita inginkan saat ini bukan melawan penjajah namun kemiskinan. Melalui kegiatai ini akan tercipta penguatan kesejahteraan masyarakat,” terangnya.

Sedangkan Ketua TP PKK Kelurahan Tambora, Helmiyati Bunyamin, memberikan paparan di hadapan tim verifikasi lomba PAAR.  Dia menerangkan peran PKK Kelurahan Tambora dalam penanganan pola asuh anak dan remaja dengan penuh cinta dan kasih sayang.

Ia juga memaparkan visi misi, prinsip tahapan dan bentuk pola asuh, program kerja dan sebagainya.

“Prilaku tidak menang dan tidak kalah. Jadi orangtua harus memiliki ketegasan, serta perlindungan, kepercayaan serta tanggung jawab terhadap anak,” pesan Helmiyati . ●fp02

 

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments