Senin, Maret 8, 2021
Beranda Ulah Industri, Kali Mookervart Kotor
Array

Ulah Industri, Kali Mookervart Kotor

JAKARTA, FAKTAPERS – Sejumlah industri yang beroperasional di kawasan Jalan Daan Mogot terindikasi melanggar aturan aturan yang berlaku terkait pencemaran lingkungan.

Keberadaan industri industri di kawasan itu diduga menyebabkan air Kali Mookervaart berbuih dan kotor.

“Diindikasikan kemungkinan besar, di sana ada pelanggaran pencemaran. Kenapa? Karena kali yang ada di sana hitam pekat dan berbuih. Itu kan hasil buangan industri. Kita tak ragu, dan akan kembalikan kali di Jakarta bebas pencemaran,” kata Wali Kota Jakarta Barat Rustam Effendi, di Polres Metro Jakarta Barat, Selasa (10/7).

Menurut Rustam, di wilayah Jakarta Barat, pihaknya akan menyasar sejumlah industri yang ada di Kawasan Daan Mogot. Ada sekitar 40 industri di Jakarta Barat yang diduga melanggar aturan.

“Dari 40 indrustri yang ada di Jakarta Barat, sekitar 10 persen telah ketemu. Ada yang belum memenuhi ketentuan, ada juga yang sudah namun tak berfungsi. Ada yang berfungsi tapi tidak maksimal. Sanksi paling berat ya penutupan total. Terkait berapa yang sudah ditutup, nanti kami cek lagi datanya. Kami akan sampaikan industri di Jakarta Barat yang ditutup karena parah sekali pencemarannya,” tegasnya.

Selain di kawasan Daan Mogot, tambahnya, pihaknya juga akan mengecek limbah industri di kawasan lainnya yang terindikasi melanggar ketentuan, termasuk restoran, hotel hingga mal.

Dia menegaskan, pembangunan industri harus punya pengelolaan limbah dan sumber resapan, sebab ada ketentuan di dalam rangka pembangunan indrustri, seperti menyiapkan sumber resapan, hingga pengolahan limbah sebelum dikeluarkan izin.

“Di sana (Daan Mogot) mungkin ada izinnya, tapi pengolahan limbahnya kurang maksinal,” jelas Rustam. ●fp02

Most Popular

Recent Comments