Rabu, Maret 3, 2021
Beranda Wali Kota Jakbar Minta Dekot dan LMK Lebih Bersinergi
Array

Wali Kota Jakbar Minta Dekot dan LMK Lebih Bersinergi

JAKARTA, faktapers.id – Antara LMK dengan lurah, Dekot dengan camat serta wali kota, harus ada kedekatan. Saling bersinergi dan komunikasi. Komunikasi bisa dilakukan dengan dialog, atau memanfaatkan teknologi informasi, seperti fasilitas whatsapp (WA).

Demikian arahan Wali Kota H. Rustam Effendi pada Rapat Koordinasi Dewan Kota (Dekot) dan Lembaga Musyawarah Kelurahan (LMK) se-Jakarta Barat, di Ruang Wijayakusuma Kantor Wali Kota Jakarta Barat, Jumat (27/7/2018) siang.

Rustam menginginkan para Dekot dan LMK untuk bersinergi dengan lurah dan camat. Menurutnya, lurah dan camat harus menjamin hubungan yang baik dan intens dengan para LMK dan Dekot. Kalau hubungan telah berjalan baik, maka kordinasi berjalan lancar.

Rustam menilai, Dekot dan LMK termasuk aparatur pemerintah memiliki tugas yang hampir sama, yakni melayani masyarakat. Tugas pokok pemerintah adalah memberikan pelayanan yang dibutuhkan masyarakat, sedangkan tugas Dekot dan LMK adalah menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat.

“Bagaimana caranya? Dekot dan LMK harus lebih mengenal wilayah. Lebih dekat dengan masyarakat. Sehingga akan terjalin komunikasi serta memahami apa keluhan dan permasalahannya,” jelas Rustam.

Ia mengaku sangat tidak suka bila ada pejabat Pemkot Jakbar yang tidak merespon keluhan masyarakat. Jangan sampai masyarakat menganggap pemerintah itu tidak ada.

“Itu bahaya, masyarakat bisa apatis dengan kita. Mari kita sama-sama bersinergi. Lurah dengan LMK sama-sama mengecek permasalahan di wilayahnya, kemudian berembug untuk memecahkan masalah. Jangan sampai keluahan itu tak direspon,” pintanya.

Sementara Ketua Dekot Jakbar HM Maskur mengatakan, perlu ada optimalisasi fungsi LMK. Karena pada hakekatnya fungsi LMK adalah membantu lurah dalam menjalankan program pembangunan wilayah.

Sama halnya dengan Dekot yang berfungsi membantu wali kota dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan. “Namun pelaksanaannya, belum memiliki format yang pas, belum bersinergi secara menyeluruh dan sinergi,” tuturnya. ●fp02

Most Popular

Recent Comments