Rabu, Maret 3, 2021
Beranda Air Sungai Cisadane Surut, Berdampak pada PDAM
Array

Air Sungai Cisadane Surut, Berdampak pada PDAM

Tangerang, faktapers.id – Keringnya air di Sungai Cisadane, akibat musim kemarau berkepanjangan di Kota Tangerang. Sehingga debit air di sungai tersebut terus menurun.

Tampak di lokasi Pintu Air 10, Pasar Baru, Kota Tangerang pada awal minggu di tepi sungai lumpur sudah mengeras. Terlihat juga sampah menghambat di pintu air tersebut.

Petugas Pintu Air 10, Sukardin menyebutkan debit air berada di ketinggian 11.50 meter, artinya tidak normal. Normalnya adalah 12.50.

Hal itu menunjukkan bahwa volume air menurun setinggi satu meter sebagai pertanda aliran air semakin surut.

Sebagai sumber bahan baku air bersih dua PDAM di Tangerang, yakni PDAM Tirta Kerta Raharja Kabupaten Tangerang dan PDAM Tirta Benteng Kota Tangerang, surutnya debit air sungai Cisadane berdampak langsung terhadap kualitas maupun kuantitas air yang didistribusikan kepada pelanggannya.

Asisten Manager Humas dan Pengaduan PDAM Tirta Benteng Kota Tangerang Ichsan Sodikin menyampaikan suplai air bersih kepada pelanggan mengalami penurunan, baik dari segi kualitas maupun kuantitas.

Sehingga air baku Cisadane itu sudah agak berbau. Jadi ada penambahan pemakaian kimia agar baunya hilang saat pengolahan air bersihnya.

Menurut Ichsan untuk terus menyuplai kebutuhan pokok tersebut sesuai dengan kualitas maupun kuantitasnya, pihaknya bekerjasama dengan Balai Besar Wilayah Cisadane dan berkoordinasi PT Moya selaku pengelola air bersih.

“Sehingga pasokan air baku tidak akan berkurang untuk suplai ke intake pengolahan air bersihnya. Serta suplai air bersih kepada pelanggan tidak terlalu terganggu dan berjalan normal,” tuturnya.

Mengenai penambahan bahan kimia terhadap air baku yang dikelola, katanya agar air tetap bersih tersebut tidak masalah untuk dikonsumsi.

“Masih taraf standar Kemenkes (Kementerian Kesehatan), jadi gak masalah untuk dikonsumsi. Sebab hingga kini belum mendengar adanya warga maupun pelanggannya di kota Tangerang yang kekeringan air,” jelasnya.

Sementara PDAM Tirta Kerta Raharja dalam upaya agar turun hujan mengadakan shalat Istisqo untuk memohon hujan, di kantor pusat PDAM Kota Tangerang.

“Kami menggelar kegiatan ini, memohon dan bermunajat kepada Allah SWT memohon segera diturunkan hujan, karena debit air sungai Cisadane semakin berkurang, airnya menghijau dan tidak mengalir,” ungkap Direktur PDAM TKR Rusdy Machmud. fp03

Most Popular

Recent Comments