Selasa, Maret 9, 2021
Beranda Akhir Tahun, Pedagang Pasar Sukapura akan Direlokasi ke TPS
Array

Akhir Tahun, Pedagang Pasar Sukapura akan Direlokasi ke TPS

JAKARTA, faktapers.id – Pengelola Pasar Sukapura akan merelokasi pedagang ke Tempat Penampungan Sementara (TPS), Desember mendatang. Relokasi dilakukan sebelum renovasi gedung pasar yang berlokasi di Jalan Tipar, Cakung, Cilincing, Jakarta Utara ini dilakukan awal tahun depan.

“Rencananya awal 2019 akan direnovasi total. Selama proses pembangunan pedagang akan direlokasi ke TPS di area parkiran sisi selatan,” kata Kepala Pasar Sukapura, Dedi Junaedi, di ruang kerjanya, beberapa saat lalu.

Dari hasil verifikasi unit usaha dan regitrasi ulang, terdata ada  654 tempat usaha yang masih aktif di pasar yang dibangun sejak 1992 ini.

Dijelaskan Dedi, sejak dibangun, bangunan pasar belum pernah direnovasi. Karenanya, kondisi bangunan pasar setinggi dua lantai tersebut saat ini sudah tidak ideal sebagai tempat usaha.

Ditambahkan Dedi, keseluruhan luas lahan Pasar Sukapura mencapai 5.000 meter persegi dengan luas bangunan 2.131 meter persegi. Saat ini pasar masih aktif digunakan berusaha dengan jumlah tempat usaha sebanyak 654 unit, terdiri dari los, kios dan tenda.

Kondisi bangunan Pasar Sukapura memang sangat memprihatinkan. Terlihat dari luar dan dalam pasar tersebut seperti gedung yang tak pernah diurus.

Oleh karena itu, banyak pedagang mengeluh dan sempat menuding pihak pengelola pasar enggan memperbaiki kondisi pasar tersebut yang rawan ambruk. Dengan kondisi seperti ini tak jarang pembeli kabur dan memilih tempat yang lebih layak maupun bersih.

Sementara itu, Manager Area Jakarta Utara PD Pasar Jaya, Mahfudin menjelaskan, pihaknya sudah menganggarkan pembangunan Pasar Sukapura dan Pasar Lontar.

“Pembangunannya dua lantai dengan tambahan lantai parkiran di atas. Pembangunan tidak lebih dari satu tahun,” ucapnya.

Sedangkan pembangunan TPS, sambung Mahfudin, akan dimulai Oktober mendatang dan ditargetkan rampung dalam dua hingga tiga bulan sehingga bisa dioperasikan Desember 2018.

“Nantinya pedagang yang sudah terverifikasi dan mendaftar ulang diprioritaskan mendapat tempat usaha di bangunan baru,” tandasnya. ●fp04

Most Popular

Recent Comments