Kamis, April 15, 2021
Beranda“Hadiah” Jokowi untuk ASN
Array

“Hadiah” Jokowi untuk ASN

Jakarta, faktapers.id – Presiden Jokowi akan memberikan “hadiah” kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN), yakni kenaikan gaji pokok dan pensiunannya. Kenaikan itu adalah “hadiah” bagi ASN yang dianggapnya telah bekerja baik.

Menurut Jokowi, penilaian baik itu terlihat pada peringkat Indonesia di Government Effectiveness Index yang naik dari peringkat 103 pada tahun 2015 menjadi peringkat 86 pada tahun 2016, atau naik 17 peringkat.

Berkat kenaikan peringkat itu, maka gaji pokok dan pensiunan ASN akan dinaikkan rata-rata lima persen.

Selain itu, berbagai reformasi birokrasi pun sudah dilakukan pemerintah melalui penerapan sistem pemerintahan berbasis elektronik seperti e-procurement, Satu Data dan Satu Peta, penguatan reformasi birokrasi, serta peningkatan kualitas layanan publik, seperti melalui Mal Pelayanan Publik.

Ini dilakukan Jokowi agar kesejahteraan ASN makin baik, sehingga ASN makin termotivasi dan kualitas birokrasi semakin profesional dan bersih.

Dalam waktu dekat, pemerintah juga akan melakukan percepatan pelaksanaan reformasi di 86 kementerian/lembaga untuk memberikan pelayanan publik yang lebih baik, mudah, cepat, dan transparan, yang disertai penerapan sistem pemerintahan berbasis elektronik.

Menurut catatan faktapers.id, pemerintah selalu menaikkan gaji PNS setiap tahun mulai tahun 2007 dan berakhir di tahun 2015.

Meski demikian, sebagai ganti atas gaji yang tidak naik, pemerintah telah memberikan Tunjangan Hari Raya (THR) atau kerap disebut gaji ke-14 mulai tahun 2016 melalui Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 19 Tahun 2016. fp01

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments