Kamis, Mei 6, 2021
BerandaKapolri Rotasi Enam Kapolda
Array

Kapolri Rotasi Enam Kapolda

Jakarta, faktapers.id – Kapolri Jenderal Tito Karnavian melakukan mutasi terhadap sejumlah Perwira Tinggi (Pati) Polri. Ada perwira tinggi yang mendapat promosi menjadi bintang dua. Mutasi ini tercantum dalam Telegram Rahasia Kapolri Nomor: KEP/1183 A/lll dan Kep/1184/VIII/ tertanggal 13 Agustus 2018.

Kapolda Papua Irjen Boy Rafli Amar digeser menjadi Wakalemdiklat Polri mengisi posisi Irjen Sigit Sudarmanto yang menduduki pos Analis Kebijakan Utama Bidang Kurikulum Lemdiklat Polri. Posisi Boy sendiri bakal ditempati oleh Kadiv Propam Irjen Martuani Sormin.

Kapolda Jawa Timur, Irjen Machfud Arifin menjadi Analis Kebijakan Utama Bidang Sabhara Baharkam Polri. Posisinya diisi Wakabaintelkam Polri Irjen Luki Hermawan.

Untuk pos Kapolda Lampung Wakapolda Metro Purwadi Arianto menggantikan Irjen Suntana yang kini menempati Wakabaintelkam. Pangkat Purwadi naik menjadi Inspektur Jenderal (Irjen).

Sedangkan Kapolda Kalsel Irjen Rachmat Mulyana digantikan oleh Pati Baintelkam Irjen Yazid Fanani. Kapolda Sumatera Utara Irjen Paulus Waterpau menjadi Pati Lemdiklat (penugasan Lemhanas).

Posisi Kapolda Sumut diduduki Brigjen Agus Andrianto yang sebelumnya menjabat sebagai Wakapolda Sumut. Posisi Wakapolda Sumut diisi oleh Kombes Mardiaz Kusin Dwihananto yang menjabat sebagai Koorspripim Polri. Agus promosi menjadi bintang dua. Sedangkan Mardiaz yang merupakan mantan Kapolres Metro Jakarta Selatan pecah bintang.

Sementara Kapolda Banten Brigjen Listyo Sigit Prabowo menjadi salah satu perwira tinggi yang mendapat promosi. Dimutasi menjadi Kadiv Propam Polri. Dengan begitu bintang di pundak Sigit bertambah menjadi dua. Sigit bakal menggantikan Irjen Martuani Sormin yang digeser menjadi Kapolda Papua.

Sigit, mantan ajudan Jokowi pada 2014 sebelum naik pangkat jadi Kapolda pernah menjadi Kapolres Pati, Wakapoltabes Semarang, dan Kapolres Solo. Karier jebolan Akademi Kepolisian (1991) ini terbilang gemilang,sementara beberapa rekan seangkatannya masih menjabat pos bintang satu, seperti Karomisinter Divhubinter Polri Brigjen Krishna Murti, Dirtipid Siber Bareskrim Polri Brigjen Fadil Imran dan Karopenmas Mabes Polri M Iqbal yang ditunjuk menjadi Wakapolda Jawa Timur.

Posisi Sigit digantikan Karopaminal Divpropam Polri Brigjen Teddy Minahasa Putra. Teddy jebolan Akpol 1993. Pada 2014 lalu menjadi ajudan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Untuk posisi Kakorlantas Polri saat ini dijabat oleh Brigjen Refdi Andri yang sebelummya menjabat Karo Provos Divisi Propam Polri. Sedangkan Kombes Hendro Pandowo yang sebelumnya Kapolrestabes Bandung saat ini mengisi posisi Karo Provost.

Lalu, Kapolda Riau yang sebelumnya dijabat oleh Irjen Nandang diganti oleh Wakapolda Jatim Brigjen Eko Prihastoko. Untuk posisi Wakapolda jatim saat ini dijabat oleh Brigjen Mohammad Iqbal sebelumya Karopenmas Polri.

Kemudian, jabatan Karopenmas Polri saat ini diisi oleh Brigjen Dedi Prasetyo yang sebelumnya Wakapolda Kalimantan Tengah. Sedangkan pengganti Dedi diisi oleh Brigjen Rikwanto yang sebelumnya mengisi posisi Karo Multimedia.

Terkait mutasi ini, Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Setyo Wasisto membenarkannya. Dikatakannya rotasi tersebut merupakan hal biasa yang terjadi di Internal Polri. Salah satunya adalah untuk penyegaran dalam menjalankan tugas.

“Betul, mutasi rutin dalam rangka penyegaran,” kata Setyo saat dikonfirmasi. fp03

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments