Minggu, Februari 28, 2021
Beranda Ketum MUI, KH Ma'ruf Amin Nonaktif
Array

Ketum MUI, KH Ma’ruf Amin Nonaktif

Jakarta, faktapers.id – Demi menjaga indepedensi Majelis Ulama Indonesia (MUI), Ma’ruf Amin selaku calon Wakil Presiden dari Capres Jokowi memilih nonaktif dari jabatannya sebagai Ketua Umum MUI.

“Iya benar nonaktif, bukan mundur, untuk menjaga independensi MUI,” kata Wakil Ketua Umum MUI, Zainut Tauhid Sa’adi, Selasa (28/8).

Zainut menyatakan hal tersebut usai mengunjungi Ma’ruf di kediamannya di daerah Koja, Jakarta Utara, siang tadi (28/8).

Ia menyatakan Maruf ingin fokus mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam kontestasi Pilpres 2019 mendatang.

Keputusan Ma’ruf untuk nonaktif dari Ketua MUI, ungkap Zainut, sudah ditetapkan yang bersangkutan sejak ditetapkan sebagai Cawapres Jokowi.

“Sejak ditetapkan sebagai cawapres oleh KPU, beliau sudah berketetapan nonaktif dari Ketua Umum. Sikap itu ditegaskan lagi oleh Kiai, tadi,” katanya.

Selain itu, Zainut mengungkapkan keputusan tersebut semata-mata didasari pertimbangan agar posisinya sebagai Cawapres tidak menimbulkan pro kontra di masyarakat

“Beliau ingin fokus mengerjakan amanat karena dipercaya sebagai Cawapres Jokowi, sebagaimana fokusnya beliau mengabdi di MUI selama ini,” katanya.

Ma’ruf sendiri dalam organisasi keagamaan, selain di MUI juga memiliki jabatan di kepengurusan Nahdlatul Ulama (NU). Ma’ruf tercatat sebagai Rais Aam Pengurus Besar NU (PBNU). fp01

Most Popular

Recent Comments