Senin, Maret 1, 2021
Beranda Lestarikan Tenun Songket, Anna Mariana Kolaborasi Tenun Songket Khas Bali dan Makassar
Array

Lestarikan Tenun Songket, Anna Mariana Kolaborasi Tenun Songket Khas Bali dan Makassar

Jakarta, faktapers.id – Sebagai bentuk pelestarian terhadap tenun songket yang merupakan warisan budaya Indonesia yang telah mendunia. Salah satu perancang tenun songket nusantara mengkolaborasi antara kerajinam songket dengan dua nilai budaya yang berbeda, yaitu Bali dan Makassar.

Kerajinan tenun songket merupakan hasil Indonesia yang secara turun menurun mulai banyak diminati. 

Memiliki nilai seni yang sangat tinggi membuat kerajinan yang satu ini membutuhkan ketelitian, kesabaran dan waktu dalam pembuatannya.

Setiap daerah di Indonesia memiliki ciri khas tenun songket sesuai budaya daerah itu sendiri, seperti tenun songket khas Bali dan Makassar.

Kali ini disainer ternama Anna Mariana mengkolaborasi tenun songket khas Bali dan Makassar sehingga motif yang dihasilkan bisa lebih berkembang.

“Dalam hal mengenal motif, ikon Bali dan ikon Betawi berbeda, ikon Bali dengan ikon Makasaar berbeda, sehingga ini yang perlu kita kenalkan kepada masyarakat Bali. Pengrajin kita di Bali harus kenal dulu ikonnya, kalau sudah kenal kan mudah, lebih luwes dan lebih gampang,” ujar Anna.

Kadis Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Bali, I Putu Astawa mengatakan kolaborasi antar tenun songket khas Bali dan Makassar bisa lebih diminati karena jumlah produksinya sendiri terbatas.

“Gejala pasar itu sepertinya tidak produksi massal yang disenangi, tapi yang limited edition yang lebih disenangi. Inovasi disain ini akan menjadi strategi untuk memasarkan produk,” ujar I Putu Astawa.

Kolaborasi dua budaya tersebut diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi kedua daerah, terutama dalam hal pengembangan motif tenun songket. uaa

Most Popular

Recent Comments