Selasa, Juni 15, 2021
BerandaMahfud MD, Cawapres Jokowi
Array

Mahfud MD, Cawapres Jokowi

Jakarta, faktapers.id – Siapa pendamping Jokowi pada perhelatan pilpres 2019, nampaknya akan terjawab lebih cepat. Kicauan di akun twitter milik @MRomahurmuziy, Rabu (8/8), telah menjawab pertanyaan publik.

Dalam kicauannya itu, Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Muhammad Romahurmuziy membocorkan kriteria sosok pendamping atau bakal calon Wakil Presiden dari Joko Widodo (Jokowi) di pilpres 2019.

Pola nasionalis-religius akan menjadi pasangan ideal untuk memimpin Indonesia lima tahun kedepan. Disamping itu, Romi-sapaan akrabnya, berkicau bahwa sosok tersebut juga mewakili warna organisasi keagamaan tertentu dan memiliki banyak pengalaman menduduki jabatan publik sejak era reformasi.

“Dia juga mewakili warna religiusitas ormas Islam terbesar di Indonesia serta sudah malang-melintang dalam aneka jabatan publik sejak reformasi,” kicaunya. Romi mengonfirmasi bahwa sosok pendamping Jokowi akan berinisial M.

Bila ditafsirkan kicauan Ketum PPP tersebut, inisial M yang disebutkannya itu mengarah pada nama Mahfud MD. “Kode-kode” yang diungkapkan Romi sangat cocok dengan curriculum vitae Mahfud MD.

Mahfud MA pernah menjabat sebagai Plt Staf Ahli dan Deputi Menteri Negara Urusan HAM (1999–2000), Menteri Pertahanan Republik Indonesia, kemudian Menteri Kehakiman (2000–2001), Anggota DPR RI, menempati Komisi III dan Wakil Ketua Badan Legislatif (2004–2008), Anggota Tim Konsultan Ahli pada Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN) Depkum HAM RI (sekarang), Ketua Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia (2008–2013), Anggota Dewan Pengarah Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (2017–2018), Anggota Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (2018–).

Di organisasi, pria kelahiran Madura ini juga mengantongi banyak pengalaman, yakni Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Ketua Ikatan Keluarga Alumni Universitas Islam Indonesia (2010–), Dewan Pengasuh Forum Keluarga Madura Yogyakarta (2007–), dan Ketua Presidium Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) (2012–).

Jokowi, malam ini, berencana mengumpulkan enam ketua umum pendukung utama koalisi di Pilpres 2019 untuk mematangkan persiapan menjelang pendaftaran.

Pertemuan tersebut merupakan tindak lanjut pertemuan Jokowi dengan sembilan ketua umum serta sekretaris jenderal parpol pendukung beberapa waktu lalu.

Jokowi selama dua pekan terakhir intens menggelar pertemuan dengan parpol koalisi pendukung di Pilpres 2019. Sembilan sekjen parpol sepakat membentuk Tim 27 yang bakal fokus mengurus pemenangan. Sekjen parpol telah mengusulkan Jumat, 10 Agustus, sebagai hari baik Jokowi mendaftar ke KPU. fp01

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments