Kamis, Februari 25, 2021
Beranda Opening Asian Games 2018 Membius Dunia
Array

Opening Asian Games 2018 Membius Dunia

Jakarta, faktapers.id – Asian Games adalah Momen Bersejarah bagi Indonesia, pasalnya Asian Games 2018 ke-18 merupakan kali kedua bagi Indonesia menjadi tuan rumah, setelah yang pertama pada 1962.

Melihat jarak 58 tahun antara kesempatan pertama dan kedua, jelas momen Asian Games ini sangat bersejarah.

Upacara pembukaan dan penutupan dirancang sebagai pertunjukan kolosal menampilkan kejutan. rangkaian acara pembukaan sudah sejak pukul 17.00 WIB di Gelora Bung Karno, berlangsung meriah berhasil membius segenap masyarakat Indonesia dan masyarakat dunia.

Saat upacara pembukaan Asian Games 2018, persis seperti pesta laga olahraga internasional, sejumlah lagu tema pun dibuat untuk Asian Games 2018, mencakup 13 tembang dalam aneka corak nada dan suara.

Pengibaran bendera merah putih melengkapi opening ceremony Asian Games 2018. Suasana syahdu terasa di lokasi.

Presiden Joko Widodo langsung terlihat khidmat saat pengibaran bendera Indonesia. Para atlet Indonesia juga terlihat terharu mengkhayati momen ini.

Untuk menyambut dan melayani sekitar 16.000 atlet dan delegasi, belum termasuk wisatawan penikmat olahraga—dari 46 negara tentu bukan hal sederhana, sekalipun buat Ibu Kota seperti Jakarta. Tantangan yang sama juga dihadapi Palembang.

Pertunjukan begitu megah di panggung spektakuler dengan ukuran panjang 120 meter, lebar 30 meter, serta tinggi 26 meter yang disebut-sebut mengalahkan panggung di ajang sekelas Olimpiade. Tidak hanya menonjolkan kekayaan budaya dan kesenian, juga mengeksplorasi alam Indonesia.

Setidaknya, ada sekitar 4.000 penari dari semua lapisan usia termasuk penari termuda berusia delapan tahun dan yang paling tua berusia 80 tahun.

Lewat arahan Eko Supriyanto dan Denny Malik sebagai koreografer, keindahan Indonesia disajikan lewat aksi ribuan penari tersebut dalam balutan busana bermotif khas Indonesia.

Penampilan mereka semakin spektakuler dengan iringan ratusan pemusik di bawah arahan Addie MS dan Ronald Steven.

Indonesia sebagai negara tropis ditampilkan lewat menjulangnya gunung buatan yang kokoh sebagai latar panggung dilengkapi dengan berbagai tumbuhan ciri khas Indonesia.

Upacara pembukaan Asian Games 2018 yang diikuti peserta dari negara-negara Asia, diawali oleh video Jokowi yang terjebak macet dalam perjalanan menuju SUGBK. Jokowi lalu memutuskan naik motor dan melewati jalan-jalan kecil di sekitaran SUGBK hingga akhirnya tiba di SUGBK. Jokowi lalu masuk ke SUGBK seiring berakhirnya video tersebut.

Susy Susanti jadi pemegang obor menyulutkan obor ke puncak gunung yang kemudian berubah menjadi parade kembang api ke seluruh SUGBK.

“Kita merasa terhormat kedatangan tamu-tamu istimewa dalam 45 negara. Dalam Asian Games ke-18, kita bangsa Asia ingin menunjukkan bahwa kita bersaudara, bersatu, dan ingin meraih prestasi. Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, Asian Games 2018 saya nyatakan dibuka!”, kata Presiden Jokowi lewat sambutannya resmi membuka Asian Games 2018.

Dilanjutkan Presiden Olympic Council of Asia (OCA) Al Fahad Al Sabah mengucapkan selamat ulang tahun kemerdekaan untuk Republik Indonesia.

“Kalian adalah energi Asia. Nikmati!”, ucap Al Fahad Al Sabah. “Penonton, kalian bisa bangga dengan negara kalian, Indonesia,” tambahnya.

“Lagu Garuda di Dadaku” pun menghentak panggung yang semakin cantik dengan kemunculan bulan purnama dari balik latar gunung, yang dinyanyikan oleh sejumlah penyanyi antara lain Rossa, Wizzy, Fatin, GAC, Kamasean, Rinni Wulandari, dan Edo Kondologit.

Prosesi penyulutan obor kualdron yang berlangsung cukup unik karena para pembawa obor harus mendaki gundukan gunung buatan yang dibangun di tengah lapangan di stadion utama yang berkapasitas sekitar 80.000 penonton itu.

Api kualdron yang menandakan semangat itu, akan menyala sampai pesta ditutup secara resmi pada 2 September mendatang. Kobaran api kualdron tersebut menandakan energi Asia yang menyala dalam perhelatan Asian Games XVIII.

Penyanyi Anggun C Sasmi menutup rangkaian pesta pembukaan Asian Games 2018 dengan lagu “Serasa”. Disusul dengan penampilan Areil NOAH, Cakra Khan, dan Rian D’Masiv yang membawakan lagu “Bright as the Sun” dalam tema kosmopolitan.

Indonesia Raya berkumandang dinyanyikan Tulus diiringi koor dari puluhan ribu penonton yang memadati SUGBK (Stadion Utama Glora Bung Karno).

Jokowi bergoyang Menikmati Lagu

Presiden Joko Widodo terlihat menikmati lagu. Jokowi tanpa ragu ikut berjoget mengikuti irama lagu Meraih Bintang yang dibawakan Via Vallen setelah defile atlet dari 45 negara termasuk Indonesia. Via Vallen menyanyikan official song Asian Games 2018 di atas panggung SUGBK.

Jokowi yang duduk bersama Iriana Widodo tak canggung ikut bergoyang. Jokowi mengayunkan dua tangannya ke kiri dan ke kanan seperti gerakan mendayung.

“Yo yo ayo… yo ayo Yo yo ayo… yo ayo. Yo yo ayo.. kita datang kita raih kita menang,” begitu penggalan lirik Meraih Bintang. fp03

Most Popular

Recent Comments