Selasa, Maret 9, 2021
Beranda Penjabat Bina Marga “Hilang” Dikonfirmasi Proyek Peninggian Saluran di Jalan Danau Sunter...
Array

Penjabat Bina Marga “Hilang” Dikonfirmasi Proyek Peninggian Saluran di Jalan Danau Sunter Utara

Jakarta, faktapers.id – Hasil pantauan Harian Fakta Pers di lapangan, peninggian pada saluran air diduga tidak sesuai spek, karena menggunakan batu bata, dikonfirmasi kepada Kasudin Bina Marga Jakut dan Kasie Jalan dan Jembatan. Sayangnya, kedua penjabat yang berkompeten itu tidak ada di kantornya.

Tidak hanya pada peninggian, konstruksi pembangunan pada saluran air diduga tidak menejemen konstruksi pemasangan saluran yang benar.

Pasalnya, masih terdapat celah yang renggang dalam pemasangan U-ditch. U-ditch merupakan beton berbentuk leter U yang digunakan untuk membuat konstruksi saluran air.

Saluran air tersebut berguna untuk menampung volume air saat terjadi hujan. Sehingga, bisa meminimalisir genangan air saat hujan deras, dan mencegah terjadinya banjir.

U-ditch yang semeskinya berpasangan, ternyata terpisah, sehingga ada celah. Ini berpotensi bisa menimbulkan keretakan bahu jalan karena tidak rapat. Jika terdapat celah, maka konstruksi kekuatan yang semeskinya bisa optimal, bisa berkurang.

Selain itu, peninggian saluran juga menggunakan batu bata, yang berpotensi pada ambruknya saluran itu. Pasalnya, peninggian menggunakan batu bata hanya dapat digunakan untuk saluran lingkungan (saling), bukan untuk saluran yang dilintasi kendaraan bertonase besar.

Di Jalan Danau Sunter Utara, kendaraan lalu lalang umumnya bertonase besar, sehingga seharusnya peninggian menggunkan coran, bukan pakai batu bata.

“Kalau coran, pasti kuat menahan beban atau getaran jalan saat kendaraan bertonase besar melintas. Kalau batu bata, umumnya dipakai untuk saluran kecil yang dilintasi kendaraan bertonase kecil, seperti sepeda motor,” ujar salah satu warga, yang juga berprofesi sebagai konsultan di proyek pemerintahan, dan enggan disebutkan namanya.

Terkait itu, Harian Fakta Pers berusaha konfirmasi kepada Kasudin Bina Marga Jakut, Warsito dan Kasie Jalan dan Jembatan, Ujang, namun belum berhasil ditemui karena yang bersangkutan tidak ada di kantornya. kls/fp01

Most Popular

Recent Comments