Kamis, Maret 4, 2021
Beranda Polisi Tunda Proses Verbal Sandiaga
Array

Polisi Tunda Proses Verbal Sandiaga

Jakarta, faktapers.id – Polda Metro Jaya memastikan menunda pengusutan terhadap Sandiaga Uno dalam kasus dugaan penggelapan tanah selama Pilpres 2019, karena berstatus bakal cawapres.

Demikian diutarakan Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Pol Argo Yuwono, di Mapolda, Kamis pekan lalu.

Argo mengatakan penyelidikan terhadap kasus dugaan penggelepan tanah yang menyeret Sandiaga Uno akan ditunda selama masa Pilpres 2019. Hal ini terkait dengan posisi Sandiaga saat ini sebagai bakal calon wakil presiden.

“Keputusan menunda penyelidikan tersebut seperti yang pernah dikatakan oleh Kapolri Jenderal Tito Karnavian, bahwa polisi tidak mengusut perkara yang berkaitan dengan pasangan calon tertentu yang telah ditetapkan oleh KPU. Hal tersebut juga untuk menjaga kondusifitas demokrasi saat masa pemilu”, jelasnya.

Argo menyebutkan selama masa pilpres pihaknya tidak akan memeriksa Sandiaga untuk diminta keterangan. Begitu juga dengan saksi lainnya yang berkaitan dengan laporan tersebut.

“Nanti ya nunggu pencawapresan selesai,” katanya.

Untuk diketahui, Sandiaga kembali dilaporkan ke Polda Metro Jaya oleh Fransiska Kumalawati terkait dugaan penipuan atau penggelapan atau penadahan dan atau tindak pidana pencucian uang (TPPU) terkait aset PT Japirex berupa sebidang tanah yang berlokasi di Tangerang, Banten.

Laporan Fransiska itu terdaftar dalam LP/3356/VI/2018/PMJ/Dit.Reskrimum tertanggal 27 Juni 2018. Dalam laporan itu, Sandiaga diduga melanggar Pasal 378 KUHP dan atau Pasal 372 KUHP dan atau Pasal 480 KUHP dan atau Pasal 3,4,5 UU RI Nomor 8 tahun 2010 tentang TPPU.

Sandiaga diketahui telah menjadi bakal cawapres untuk Prabowo Subianto pada Pilpres 2019. Keduanya sudah mendaftarkan diri ke KPU, dan juga dinyatakan lolos tes kesehatan. fp01

Most Popular

Recent Comments