Selasa, Maret 9, 2021
Beranda Tiga Anggota Jaringan Sabu Rp 9 M Asal Malaysia Ditembak
Array

Tiga Anggota Jaringan Sabu Rp 9 M Asal Malaysia Ditembak

Jakarta, faktapers.id – Kembali jaringan pengedar narkotika jenis sabu asal Malaysia yang memiliki sabu seberat 9 kilogram bernilai Rp9 miliar, berhasil diungkap. Kali ini Kepolisian Daerah Sumatera Utara yang berhasil menggagalkan jaringan barang haram ini.

Setidaknya ada enam orang yang ditetapkan sebagai tersangka, yaitu MAA (47), MZ (40), S (41) dan Z (43). Hasil pengembangn kemudian polisi juga menetapkan MRI (32) dan MAR (32) sebagai tersangka.

“Barang bukti narkotika golongan I jenis sabu seberat 9 kg dengan nilai Rp9 miliar. Barang itu diduga berasal dari Malaysia dan bakal diedarkan di Aceh dan Medan,”
Terang Kapolda Sumatera Utara, Brigjen Agus Andrianto kepada wartawan, baru-baru ini.

Kapolda menyebutkan dari operasi itu tiga orang laki-laki dilakukan tindakan tegas terukur, sehingga dengan kondisi meninggal dunia dan 3 lagi mendapat luka tembak,” kata Agus.

Ketiganya ditangkap di tiga tempat yang berbeda, diantaranya di Simpang Opak, Aceh Tamiang, Jalan lintas Medan aceh Pasar buah Aceh Tamiang dan Jalan lintas Medan-Aceh, Besitang, Langkat.

Agus merinci bahwa penangkapan dimulai dari penangkapan MAA yang sudah lama menjadi masuk Daftar Pencarian Orang (DPO). MAA diketahui sebagai pengatur masuknya Narkotika Jenis Shabu dari Malaysia ke Indonesia.

“Kemudian dari hasil introgasi diperoleh masih ada narkotika jenis sabu dibawa oleh MZ yang diduga warga negara Malaysia dan S dari Malaysia ke Indonesia melalui jalur laut berada di Wilayah hukum Aceh,” terangnya.

MZ dan S lalu ditangkap namun narkotika itu sudah diserahkan kepada MRI dan MAR yang bakal dibawa ke Medan. Selanjutnya polisi menangkap MRI dan MAR pada saat menyerahkan sabu kepada Z atas perintah MAA.

“Pelaku MAA, S dan MZ sempat berupaya melarikan diri sempat diberikan peringatan tapi tidak dihiraukan sehingga dilakukan tindakan tegas terukur,” ucapnya.

Sedangkan MAR terkena tembak pada kaki kanan dan MRI terkena tembakan pada kaki kiri. Jenazah MAA, S dan MZ dibawa ke rumah sakit untuk dilakukan autopsi.

Para tersangka dikenakan pasal Pasal 114 Ayat (2) dan atau Pasal 112 Ayat (2) Jo. Pasal 132 Ayat (1) UU RI No. 35 tahun 2009 tentang Narkotika, ancaman pidana mati atau denda paling sedikit Rp1 miliar. fp03

Most Popular

Recent Comments