Sabtu, Maret 6, 2021
Beranda Dana Penanganan Bencana Turun Tiap Tahun, Pemeliharaan Alat Pendeteksi Tsunami Dipertanyakan
Array

Dana Penanganan Bencana Turun Tiap Tahun, Pemeliharaan Alat Pendeteksi Tsunami Dipertanyakan

Jakarta, faktapers.id – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebut sejak 2012 Indonesia tidak lagi memiliki buoy untuk mendeteksi tsunami.

“Sejak 2012 enggak ada yang beroperasi, padahal dibutuhkan untuk peringatan dini. Bisa ditanyakan ke BMKG, mengapa 2012 sampai sekarang enggak diadakan, mungkin ya soal dana,” kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwonugroho, dalam konferensi pers di Jakarta mengenai penanganan gempa Palu dan Donggala, Minggu (30/9).

Dalam konferensi pers, ia juga mengeluhkan mitigasi bencana yang terkendala masalah anggaran.

“Pendanaan bencana itu terus turun tiap tahun. Ancaman bencana meningkat, kejadian bencana meningkat, anggaran BNPB justru turun. Ini berpengaruh terhadap upaya mitigasi. Pemasangan alat peringatan dini terbatas anggaran yang berkurang terus,” ujar Sutopo.

Buoy sendiri diketahui merupakan sistem pelampung yang diletakkan di tengah laut untuk mendeteksi gelombang pasang dan tsunami. Buoy adalah salah satu opsi teknologi pendeteksi dini tercepat atas peluang terjadinya tsunami di wilayah Indonesia.

BMKG sendiri mengklaim masih bisa melakukan fungsi peringatan dini tanpa buoy, karena sistem yang mereka miliki berdasarkan permodelan tsunami. red

Most Popular

Recent Comments