Selasa, Maret 2, 2021
Beranda Ironis, 2.357 PNS Vonis Korupsi Masih Terima Gaji
Array

Ironis, 2.357 PNS Vonis Korupsi Masih Terima Gaji

Jakarta, faktapers.id – Amat Ironis memang ketika PNS terjerat korupsi tidak langsung diberhentikan sebelum putusan hukumannya berkekuatan hukum tetap (inkrah) dengan masa hukuman minimal 2 tahun penjara.

Aturan ini tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil. Dengan begitu, mereka pun masih mendapatkan gaji meski sebenarnya rekening mereka telah diblokir.

Kepala Biro Hubungan Masyarakat Badan Kepegawaian Negara (BKN) Mohammad Ridwan menyebutkan sepanjang belum diberhentikan, semua PNS berhak atas gaji.

KPK pun sedang menghitung jumlah uang negara yang mengalir ke para pegawai negeri sipil (PNS) atau aparatur sipil negara (ASN) yang masih menerima gaji meski terlibat korupsi. Sungguh pantastis, total ada 2.357 PNS korup yang masih menerima gaji. Kenapa bisa begitu ?

Sedangkan tentang angka total 2.357 PNS korup masih menerima gaji sebelumnya disampaikan Kepala BKN Bima Haria Wibisana di KPK. Dia mengutarakan ada 2.674 PNS yang putusannya telah inkrah, tapi baru 317 orang yang diberhentikan tidak hormat.

Menurut BKN pihaknya sudah menyambangi KPK untuk membahas hal tersebut bersama Kementerian Dalam Negeri serta Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Imbauan agar para PNS korup yang putusannya telah inkrah segera dipecat sudah disampaikan.

“Ini sebenarnya BKN tidak dalam kapasitas memaksa PPK (pejabat pembina kepegawaian) pusat/daerah. Kami hanya mengingatkan mereka akan kewenangan yang mereka miliki. Tapi hati-hati, jika tidak dilakukan pemberhentian dengan tidak hormat, KPK akan masuk bersama KemenPAN-RB dan Kemendagri,” ujar Ridwan, baru ini.

Berdasarkan hasil penelusuran data dari Dirjen PAS (Pemasyarakatan) Kemenkum HAM, dari jumlah 7.749 PNS, dilakukan verifikasi dan validasi data PNS yang terlibat tipikor dan putusan pengadilannya sudah inkrah diperoleh data sejumlah 2.674 PNS. Perinciannya, yang telah diberhentikan tidak dengan hormat sejumlah 317 PNS dan yang masih aktif 2.357 PNS. Data ini pastinya masih akan terus berkembang sesuai dengan verifikasi dan validasi lanjutan.

Ketua KPK Agus Rahardjo mengaku pihaknya sedang menghitung berapa gaji yang masih diterima ribuan PNS korup itu meski sudah dihukum penjara. Meski begitu Agus mengaku belum bisa memastikan kategori pengeluaran itu termasuk kerugian negara atau tidak. Yang pasti, indikasi pelanggaran dari hal tersebut tengah dicermati KPK. fp01

Most Popular

Recent Comments