Kamis, April 15, 2021
BerandaKasudin Citata Tak Gubris Himbauan Walikota Jakut
Array

Kasudin Citata Tak Gubris Himbauan Walikota Jakut

Jakarta, faktapers.id – Mengenai maraknya bangunan di Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara (Jakut), Kepala Suku Dinas Cipta Karya, Tata Ruang dan Pertanahan (CKTRP) Jakut, Kusnadi dan jajarannya Kepala Satuan Pelaksana (Satlak) Kecamatan Tanjung Priok, Andi Lesmana tidak pernah bisa ditemui untuk mendapatkan keterangan. Kedua pejabat tersebut terkesan menghindari wartawan yang berusaha mengklarifikasi kebenaran temuan di lapangan.

Kusnadi sendiri beberapa kali ditemui tidak pernah di tempat, dan stafnya yang ada selalu bilang bahwa sedang sibuk di luar kantor. Bawahannya di Kecamatan Tanjung Priok Andi Lesmana pun demikian, bahkan terkadang kantornya kosong.

Menanggapi sikap kedua pejabat tersebut, Pengamat Kebijakan Publik Karnali Faisal mengatakan bahwa sikap tersebut kurang baik jika ada masyarakat termasuk wartawan yang bermaksud mengklarifikasi temuan di lapangan, namun para pejabat terkesan menghindar.

“Di zaman keterbukaan informasi saat ini, seharusnya kedua pejabat tersebut dapat memberikan keterangan atau informasi agar tidak terkesan menghindar dari para wartawan. Wartawan ini kan hanya melaksanakan tugas. Justru informasi dari wartawan itu bagus untuk mengevaluasi kinerja pemerintah,” ungkap Karnali.

Selain menyayangkan sikap yang terkesan menghindari wartawan, Karnali berharap jajaran Sudin CKTRP atau Citata memperbaiki komunikasi agar dugaan-dugaan yang kurang baik terhadap kinerja satuan tersebut tidak muncul lagi.

“Idealnya kalau semua pihak menjalankan peraturan dengan semestinya, tidak akan muncul kesan yang kurang baik. Dalam hal bangunan yang disinyalir belum sesuai prosedur perizinan, tinggal kroscek di lapangan dan dijelaskan kondisi yang sebenarnya,” tegasnya.

Apalagi, menurutnya, saat ini publik mengawasi penuh kinerja pemerintah. Saluran-saluran komunikasi antar warga juga terbuka lebar. Karena itu pemerintah seharusnya juga responsif terhadap informasi dari masyarakat.

Sementara itu, Walikota Jakut Syamsuddin Lologau mengatakan bahwa dirinya selalu menyampaikan pada rapat agar seluruh SKPD selalu terbuka mengenai informasi yang dibutuhkan masyarakat untuk kepentingan publik.

Tindak Lanjut
Walikota Jakut Syamsuddin Lologau mengaku sudah menyampaikan informasi mengenai maraknya bangunan bermasalah di Kecamatan Tanjung Priok kepada Sudin Citata Jakut.

Namun sayang, dari Pantauan Harian Fakta Pers, belasan bangunan bermasalah tersebut belum ada tindakan dari Sudin terkait, bahkan terkesan ada pembiaran. Karena belum adanya tindakan dari Sudin Citata Jakut, Walikota mengarahkan Harian Fakta Pers untuk konfirmasi kembali ke Kasudin Citata Jakut.

“Memang belum ditindak? Padahal saya sudah sampaikan, lho? Begini saja, langsung saja ke Sudin Citata untuk minta keterangannya karena saya sudah bilang sama mereka (Citata),” pungkasnya.

Di temui di ruangannya, Camat Tanjung Priok Syamsul Huda mengatakan, pihaknya tidak mau bila ada bangunan bermasalah di wilayahnya. Terkait bangunan bermasalah yang selalu diberitakan oleh Harian Fakta Pers, Syamsul mengaku sudah memberitahu kepada Kasatlak Kecamatan Tanjung Priok Andi Lesmana.

Syamsul mengungkapkan bahwa dirinya telah memberitahu melalui pesan menggunakan aplikasi WhatsApp kepada Kasatlak Citata Kecamatan Tanjung Priok, agar bangunan-bangunan yang bermasalah tersebut segera ditindaklanjuti.

“Sudah saya beritahu ke Kasatlaknya, konfirmasilah ke sana. Saya hanya kirim pesan saja, tidak ada bikin rapat koordinasi,” ungkap Syamsul, Senin (17/9/2018).

Di tempat terpisah, Kasatlak Satpol PP Kecamatan Tanjung Priok Zainal Lubis mengatakan bahwa pihaknya sebagai penegak peraturan daerah telah berkoordinasi dengan Satlak Citata.

“Kami sudah koordinasikan dengan membuat rapat koordinasi. Tapi kembali lagi kepada pengawasan yaitu Citata, kami tidak bisa melakukan survei/cek ke lapangan, kami hanya bagian bongkar saja,” ungkap Zainal.

Berbeda dengan jawaban Zainal, Kepala Seksi Ketentraman dan Ketertiban Umum (Trantibum) Satpol PP Jakut Siti Mulyati mengatakan akan mengecek ke lokasi berdasarkan temuan atau laporan masyarakat.

“Sore ini kita cek ya, prinsipnya pasti akan tindak lanjut tapi dikoordinasikan dengan Sudin Citata Jakut,” tutur Siti.

Di tempat terpisah, Inspektorat Pembantu Kota Jakut melalui petugas yang mengaku hanya sebagai staf, Casma, menjelaskan bahwa pihaknya akan menindaklanjuti laporan tersebut bilamana ada instruksi dari Inspektur Pembantu Kota Jakarta Utara.

“Kami akan panggil. Biasanya kalau sudah begini (diberitakan) pasti akan kami panggil,” ungkap Casma. kls/fp01

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments