Senin, Maret 8, 2021
Beranda Rolling Petugas Pendampingan UMKM Bermuatan Politis?
Array

Rolling Petugas Pendampingan UMKM Bermuatan Politis?

Jakarta, faktapers.id – Belum lama ini Sudin UMKM Jakarta Barat melakukan rotasi kepada petugas pendampingan UMKM di delapan kecamatan. Rotasi itupun mendapat respon negatif dari masyarakat, benarkah ada unsur politis karena OK OCE sudah tidak diawasi oleh Sandiaga Uno yang mundur dari jabatannya sebagai Wagub DKI Jakarta?

Sebelumnya, program OK OCE yang bertujuan untuk mengurangi pengangguran memiliki tujuan untuk menciptakan 200 ribu wirausaha baru selama lima tahun kedepan.

Wagub Sandiaga Uno resmi mencanangkan program ini per 14 Desember 2017 silam, sesuai Instruksi Gubernur Nomor 152 Tahun 2017 tentang Pengembangan Kewirausahaan Terpadu, dan Pemprov DKI menempatkan diri sebagai fasilitator bagi OK OCE.

Sejauh ini, Program OK OCE telah berjalan di 44 kecamatan DKI Jakarta. Warga DKI pun sudah mulai mendaftarkan diri, sehingga mendapatkan pelatihan dan pendampingan untuk membangun usaha.

Program OK OCE ini juga memiliki tujuh langkah Pasti Akan Sukses (PAS) yakni: Pendaftaran, warga wajib mendaftar di situs www.okoce.me dan memilih komunitas wirausaha yang akan membina. Pelatihan, warga akan dilatih secara hard skill (spesialisasi usaha) dan soft skill (manajemen usaha). Pendampingan, warga akan didampingi oleh coach wirausaha dan mengikuti program mentoring. Perijinan, warga akan dijelaskan proses perijinan sesuai kebutuhannya. Pemasaran, warga akan diberikan akses pemasaran dan penjualan yang lebih luas baik online ataupun offline. Pelaporan keuangan, warga akan diajarkan cara membuat laporan keuangan untuk menghitung untung rugi. Dan Permodalan, Warga akan diajarkan proses mendapatkan permodalan sesuai dengan kebutuhan usahanya.

Warga mengeluh dengan adanya rolling petugas pendamping UMKM, karena masa kerja saat ini belum genap satu tahun. Dan hal ini jelas telah mengganggu progres program OK OCE di tiap kecamatan.

“Petugas yang diroling itu akan belajar dari dasar lagi di tempat yang baru. Kalau petugas itu sudah satu tahun bertugas di satu tempat, ya monggo kalau di rolling. Ini baru beberapa bulan dan progress belum tercapai, tapi sudah di rolling. Ini ada apa dengan Sudin UMKM Jakbar?” ujar Rahmat, warga Cengkareng, kepada Harian Fakta Pers.

Justru saat ini pelaku UMKM menduga apakah Sudin UMKM telah bermain politik praktis? Sebab, rolling itu terjadi setelah hiruk-pikuk Sandiaga Uno selaku pencetus Program OK OCE maju sebagai Bakal Calon Wakil Presiden dari Prabowo.

“Rolling inipun terjadi tiba-tiba, tidak ada angin, tidak ada hujan. Sangat wajar bila binaan UMKM yang mendaftar di program OK OCE mencurigai bahwa Sudin UMKM diduga bermain politik praktis. Kami ingin Sudin UMKM menjelaskan kepada publik,” ujar Rahmat lagi. fp01

Most Popular

Recent Comments