Jumat, Maret 5, 2021
Beranda 9 Tersangka Pelaku Hoax Diamankan Mabes Polri
Array

9 Tersangka Pelaku Hoax Diamankan Mabes Polri

Jakarta, faktapers.id – Mabes Polri melalui Unit III Subdit I Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim berhasil mengamankan 9 tersangka yang melakukan penyebaran berita hoax atau berita bohong.

Tersangka diketahui telah menyebarkan berita bohong terkait bencana alam yang terjadi di wilayah Poso, gempa di wilayah Sulawesi, gempa di wilayah Jawa Barat dan Jakarta. Informasi bohong tersebut telah menimbulkan keresahan di tengah-tengah masyarakat.

Dengan situasi seperti itu, Unit III Subdit I Direktorat Tindak Pidana Siber melakukan penyelidikan hoax dengan 9 kasus, 2 kasus ditangani oleh Direktorat Tindak Pidana Cyber, kemudian 2 proses penyelidikan lakukan oleh Polda Jatim, 1 kasus di Riau, kemudian di wilayah Sulawesi.

Dari pengungkapan ini, Unit III Subdit I Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri berharap agar kedepannya masyarakat tidak menyebarkan berita hoax yang menimbulkan keresahan. Untuk mencegah hal itu, pihaknya juga intens mengecek akun-akun di medsos agar kasus serupa tidak terulang kembali.

“Jika ada masyarakat yang ditemukan melakukannya, maka akan dikenakan pasal 14 ayat 2 UU No 1 tahun 1946 berkaitan dengan menyebarkan berita hoax. Dari pengakuan tersangka masih di dalami untuk motifnya,” ungkap pihak Bareskrim Polri. inda siregar

Most Popular

Recent Comments