Senin, Maret 8, 2021
Beranda Diusulkan, Gaji Oktober Anggota DPR untuk Korban Gempa Sulteng
Array

Diusulkan, Gaji Oktober Anggota DPR untuk Korban Gempa Sulteng

Jakarta, faktapers.id – Ada usulan dari anggota DPR Fraksi NasDem Akbar Faisal, gaji anggota dewan pada Oktober disumbangkan untuk korban bencana gempa dan tsunami di Palu serta Donggala, Sulawesi Tengah, termasuk korban gempa di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

“Ini adalah gerakan atau bantuan dari DPR. Saya mengusulkan agar gaji kita pada bulan Oktober disumbangkan pada warga kita di Palu dan juga kepada di NTB,” kata Akbar saat interupsi dalam rapat paripurna DPR di kompleks parlemen, Jakarta, Selasa (2/10).

Menurut Akbar, untuk besaran gaji yang disumbangkan, termasuk proporsi sumbangan ke wilayah bencana diserahkan kepada pimpinan DPR.

“Kami menyerahkan kepada pimpinan untuk mengatur bagaimana proporsinya. Saya rasa ini usulan saya pimpinan dan saya tidak pernah percaya apabila ada yang tidak setuju dengan usulan saya,” ujarnya.

Dukungan serupa diutarakan dua anggota Fraksi PDIP Rieke Diah Pitaloka dan Rahmat Hamka juga menyatakan sependapat dengan hal tersebut.

Menanggapi itu, Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah yang menjadi pimpinan sidang menyatakan pihaknya sudah memiliki rekening khusus dari pihak keuangan Sekretariat Jenderal DPR untuk sumbangan sejak bencana Sinabung.

“Jadi bagi anggota yang ingin menyumbang, itu rekening yang kita buat sejak bencana Sinabung,” kata Fahri.

Di tempat terpisah, Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini mengklaim telah menginstruksikan anggota Fraksi PKS untuk menyumbangkan gaji per bulan Oktober untuk korban gempa dan tsunami di Sulteng. fp01

Most Popular

Recent Comments