Sabtu, Maret 6, 2021
Beranda Officium Nobile, DPD KAI Banten Gelar PKPA
Array

Officium Nobile, DPD KAI Banten Gelar PKPA

Tangerang, faktapers.id – DPD Kongres Advokat Indonesia (KAI) Banten yang diketuai Adv Toni Sastra SH MH CIL sukses menyelenggarakan Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA) ke-3 dan Ujian Advokat ke-7, di Kampus STIE Ganesha, Ciputat, Tangerang Selatan, bekerjasama dengan STIH Painan. Kegiatan ini diikuti 43 peserta, dimulai Sabtu (20/10) dan ditutup pada Minggu (28/10).

“Pendidikan dan Ujian Advokat ini bertujuan agar Aalumnus Sarjana Hukum yang ingin mengambil profesi atau menjadi Advokat, sebagaimana amanat dari UU No 18 Tahun 2003 tentang Advokat, dimana syarat seseorang untuk dapat diangkat sebagai Advokat yakni dengan mengikuti Pendidikan dan Ujian Advokat yang diselenggarakan oleh organisasi Advokat, dan hal tersebut merupakan ketentuan yang mutlak,” jelas Toni Sastra.

Pimpinan Umum Harian Fakta Pers dan satusuaraexpress.com Umar Abdul Aziz SPd SH (kanan) usai menyelesaikan Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA) dan Ujian Advokat, berfoto bersama Ketua DPD KAI Banten Toni Sastra SH MH CIL (pakai peci) dan Penguji dari DPP KAI, Minggu (28/10).

Adv Toni Sastra Jaya tak lupa mengucapkan puji syukur dengan suksesnya kegiatan Pendidikan dan Ujian Advokat yang telah diselenggarakan tersebut.

“Banyak-banyak terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat yang turut membantu menyukseskan kegiatan tersebut,” tuturnya.

Ia pun berpesan kepada para Calon Advokat yang baru saja menyelesaikan pendidikan dan ujian Advokat, bahwasanya ini bukanlah akhir dari tahapan menjadi seorang Advokat. Karena masih ada tahapan lagi setelah dinyatakan lulus ujian Advokat, yakni Pengangkatan dan Penyumpahan.

“Kepada para peserta untuk segera mengurus syarat pengangkatan dan penyumpahan advokat agar para peserta dapat segera mungkin menggunakan jasanya demi kepentingan masyarakat yang tertindas atau tidak mendapatkan keadilan,” pungkas Toni Sastra.

Toni Sastra mengutarakan sebagai seorang Advokat sudah menjadi kewajiban apabila dimintai bantuan hukum oleh masyarakat. Dan mengingatkan agar menjunjung tinggi harkat martabat Profesi Advokat.

“Jangan sampai menjatuhkan martabat Advokat dengan memberikan nasihat-nasihat hukum yang tidak benar dan menyesatkan masyarakat. Jangan juga mencari keuntungan materi semata kepada masyarakat yang meminta bantuan hukum,” pinta Adv Toni Sastra Jaya.

Adv Toni Sastra mengungkapkan bahwa DPD KAI Banten hingga saat ini berhasil mencetak sedikitnya 200 advokat yang berjiwa penolong dan menjunjung tinggi kode etik advokat dan UU Advokat.

“Advokat KAI memiliki motto Officium Nobile, artinya Profesi Advokat adalah profesi yang mulia dan terhormat. Karena itu, DPD KAI Banten akan terus konsisten membantu masyarakat yang benar-benar membutuhkan bantuan hukum. Menolong orang dengan benar-benar tulus, bukan karena fulus,” ujar Toni Sastra. fp01

Most Popular

Recent Comments