Jumat, Maret 5, 2021
Beranda Pelindo II dan Pangkalan PSDKP Jakarta Kerahkan Kapal untuk Pencarian Korban Lion...
Array

Pelindo II dan Pangkalan PSDKP Jakarta Kerahkan Kapal untuk Pencarian Korban Lion Air JT 610

Jakarta, faktapers.id – Memasuki hari ketiga, PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) terus membantu upaya evakuasi pencarian korban jatuhnya pesawat Lion Air JT 610, Senin (29/10/2018) di Perairan Tanjung Karawang, Jawa Barat.

Pelabuhan Indonesia II (Pelindo II) juga mendirikan Posko Evakuasi di dermaga ex JICT 2, Tanjung Priok, Jakarta Utara (Jakut). Posko evakuasi tersebut didirikan sejak Senin sore. Selain tersedia area parkir yang cukup luas untuk menampung mobil ambulance dan sejenisnya juga disiapkan tempat istirahat dan ibadah, tenda-tenda penampungan, mobile toilet dan juga disediakan air bersih, konsumsi dan listrik.

Menurut Shanti Puruhita selaku Sekretaris Perusahaan Pelindo II, sejauh ini tim evakuasi sudah mengumpulkan beberapa bagian tubuh korban dan sejumlah benda serta serpihan pesawat yang dikumpulkan di posko evakuasi.

“Kami juga telah mengerahkan dua kapal yaitu 1 (satu) tugboat SDS 36 dan satu kapal motor pandu menuju perairan Karawang di sekitar lokasi jatuhnya pesawat untuk mencari korban yang kemungkinan masih terjebak di badan pesawat yang tenggelam,” ujar Shanti.

Sementara itu, tepat di bibir dermaga yang menjadi lokasi sandar kapal dalam melakukan evakuasi, juga telah dipasangi garis pembatas atau police line untuk memudahkan proses evakuasi tim SAR.

Hingga kini Pelindo II bersama pihak keluarga dari para korban insiden naas tersebut, masih terus memantau informasi pencarian para korban yang sedang dilakukan Badan SAR Nasional (Basarnas).
Di tempat terpisah, upaya pencarian korban pesawat Lion Air JT 610 yang jatuh, juga dilakukan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) cq Direktorat Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) cq Pangkalan PSDKP Jakarta.

Kepala Pangkalan PSDKP Jakarta Pung Nugroho Saksono mengatakan pihaknya sejak Selasa (30/10/2018) pagi, melakukan upaya pencarian korban. Pencarian dilakukan dengan melibatkan Kapal Patroli KP HIU – 010 di Perairan Tanjung Karawang.

Dalam upaya pencarian tersebut, tim pencarian dari Pangkalan PSDKP Jakarta yang dipimpin langsung oleh Kepala Pangkalan PSDKP Jakarta Pung Nugroho Saksono berhasil menemukan beberapa serpihan bagian badan pesawat. Selanjutnya hasil temuan tersebut diserahkan langsung kepada pihak Basarnas di laut.

“Sejak kemarin pagi kami lakukan pencarian korban. Tadi ada beberapa serpihan pesawat kami temukan, dan langsung kami serahkan kepada Basarnas,” ungkap Ipunk sapaan akrabnya.

Ipunk juga menambahkan, dalam setiap aksi kemanusiaan KKP selalu berusaha memberikan bantuan dukungan di lapangan, seperti bencana alam yg terjadi di Lombok, Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng) beberapa waktu lalu.

Ipunk dan keluarga besar Pangkalan PSDKP Jakarta juga mengucapkan turut berduka cita kepada pihak keluarga yang sanak saudaranya menjadi korban pesawat Lion Air JT 610 yang jatuh. kls

Most Popular

Recent Comments