Jumat, Februari 26, 2021
Beranda PT Varda Lumbung Berkat, Vendor Toilet Portable Berbahan HDPE dan Pionir Toilet Custom...
Array

PT Varda Lumbung Berkat, Vendor Toilet Portable Berbahan HDPE dan Pionir Toilet Custom untuk Disabilitas

Jakarta, faktapers.id – Kesuksesan dalam penyelengaraan even olahraga bagi disabilitas tingkat Asia, yakni Asian Para Games 2018 yang digelar di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), 6 – 13 Oktober 2018, tak lepas dari peran PT Varda Lumbung Berkat dalam ikut memenuhi kelengkapan fasilitas berupa toilet yang berstandar disabilitas.

Toilet memang bukan aspek yang menarik dari pengaturan sebuah acara, terlebih acara besar bertaraf internasional, tetapi jumlah, jenis dan lokasi toilet adalah aspek penting dari setiap acara. Pengunjung ke acara besar maupun acara kecil sering menilai kesenangan acara yang dikunjunginya secara menyeluruh, dan biasanya toilet juga disebutkan.

Terlebih saat itu panitia Asian Para Games 2018 membutuhkan pengadaan toilet standar disabilitas mencapai ratusan. Sementara di Indonesia hanya dua vendor penyedia toilet portable yang hanya bisa menyediakan puluhan unit saja.

Kini, bisnis toilet portable mulai dilirik pebisnis. Kebutuhan toilet portable di even-even besar pun sangat diperlukan. Keuntungannya, penyelenggara yang ingin menyediakan toilet portable, tidak akan mau membuang uangnya untuk membeli toilet itu lalu dijadikan inventaris, namun solusi yang dilakukan penyelenggara adalah mencari perusahaan penyedia untuk menyewa toilet portable.

“Karena untuk even sebesar ini di Indonesia hanya dua vendor yang punya kemampuan menyediakan toilet portable, dan tidak mencapai ratusan unit, terlebih untuk standar disabilitas. PT Varda mampu mengatasi kebutuhan bagi even-even besar, terutama di tingkat nasional maupun internasional,” ungkap Menejer PT Varda Lumbung Berkat, Budi Harianja, saat disambangi Harian Fakta Pers dan faktapers.id di venue Badminton, GBK, Senin (8/10).

Selain itu, PT Varda juga dianggap sebagai pioner custom toilet disabilitas, karena dinilai mampu menyediakan kebutuhan even sesuai dengan permintaan kliennya. Karena itu, di event internasional Asian Para Games 2018, PT Varda terbilang sukses selaku penyedia toilet portable dan custom untuk disabilitas.

“Selain Asian Para Games 2018, even lain yang menggunakan kami yakni saat PON dan even-even lainnya. Sejauh ini pengguna jasa kami terlihat puas atas kinerja PT Varda,” ungkap Budi Harianja.

Di even Asian Para Games 2018 ini, PT Varda turut berjuang mengharumkan nama baik Bangsa Indonesia sebagai tuan rumah. “Kami tidak ingin even ini tidak harum hanya karena keberadaan toilet. Karena itu, kami akan berjuang agar nama Bangsa ini tetap harum,” ujarnya.

Budi menyebutkan PT Varda mengutamakan kepuasan konsumen “ dengan tagline “Kami memberikan pelayanan dengan sepenuh hati. Di Varda kami percaya apabila klien maju, kemungkinan kami juga bisa maju. Sebaliknya apabila klien tidak maju, kami juga pasti tidak akan maju”.

Urgensi Toilet Portable di Jakarta
Di kota-kota besar seperti Jakarta, berbagai event sering diadakan hampir setiap minggunya. Bermacam tema acara mulai dari perayaan sunatan massal hingga konser musik besar-besaran ala ibu kota menghiasi kehidupan orang Jakarta.

Salah satu kebutuhan utama dalam menunjang kesuksesan berbagai event tersebut adalah ketersediaan toilet portable. Adalah hal yang tidak mungkin dilakukan, di tengah padatnya lingkungan fisik ibu kota, setiap panitia acara harus membangun toilet di setiap sudut keramaian. Oleh karena itu, toilet portable adalah salah satu solusi jitu untuk menyokong berbagai kegiatan tersebut.

Keunggulan Toilet Portable PT Varda
Sebagaimana fungsinya yang lebih bersifat dinamis, toilet portable memiliki beberapa keunggulan sebagai berikut:

  1. Bahan toilet portable umumnya terbuat dari Fiberglass, namun saat ini telah diperkenalkan penggunaan bahan HDPE (High Density Polyethylene) yang lebih kokoh, juga tidak menyerap bau dan panas, karena tidak memiliki pori-pori seperti yang terdapat pada bahan fiberglass.
  2. Toilet portable dilengkapi dengan septic tank yang terintegrasi, sehingga terlihat simpel dan dapat ditempatkan di areal yang terbatas.
  3. Toilet portable tidak membutuhkan tempat yang luas.
  4. Daya tahan toilet portable dapat mencapai 10 tahun.
  5. Teknis pemasangan toilet portable sangat simpel dan mudah dilakukan.
  6. Toilet portable tahan terhadap perubahan cuaca; bahan HDPE (High Density Polyethylene)

Toilet portable sangat cocok digunakan untuk menunjang keberlangsungan beberapa proyek, program dan event outdoor. Hal ini dikarenakan, toilet ini dapat mengurangi pencemaran lingkungan. Penggunaan toilet portable di Jakarta merupakan solusi atas sampah dan limbah yang semakin besar jumlahnya setiap hari.

Standar minimal toilet higienis
Apakah anda pernah berpikir bahwa kesuksesan suatu acara, entah itu konser atau festival karena ketersediaan toliet bersih. Sekarang sendainya anda datang ke sebuah acara untuk bersenang-senang bersama sahabat, kemudian anda tidak ingin kesenangan anda itu terganggu karena anda harus menempuh jarak yang jauh untuk pergi ke toilet bahkan harus antri berjam-jam untuk menggunakan toilet.

Untuk itu apapun jenis event atau acara yang sedang anda rencanakan, ada mungkinan perlu untuk mempertimbangkan penyediaan fasilitas toilet. Bahkan jika anda menyewa gedung, anda perlu untuk memeriksa fasilitas yang tersedia apakah akan memadai untuk mengantisipasi jumlah pengunjung yang membeludak.

Standar minimal toilet higienis adalah:

  • Tidak ada kotoran tertinggal
  • Toilet selalu kering
  • Selalu tersedia air bersih untuk membilas serta tisu untuk mengeringkan
  • Tersedia tempat sampah
  • Tidak terdapat kerak air pada closet, wastafel, dan keran air.
  • Lantai tidak licin atau bebas dari lumut.

tim

Most Popular

Recent Comments