Selasa, Maret 2, 2021
Beranda Saksi Mata Pesawat Lion Air Jatuh Dengar Suara Ledakan
Array

Saksi Mata Pesawat Lion Air Jatuh Dengar Suara Ledakan

Karawang, Faktapers.id – Jatuhnya pesawat Lion Air JT 610 rute Jakarta-Pangkalpinang dan memakan banyak korban jiwa, ternyata ada yang menyaksikan langsung peristiwa itu.

Dari penelusuran faktapers.id, warga menyebutkan bahwa ada seorang nelayan di Desa Tanjung Pakis, Kecamatan Pakis Jaya, Kab Karawang, Jawa Barat, yang menyaksikan peristiwa naas tersebut. Nelayan itu dikenal bernama Sabudi (25).

Sabudi mengungkapkan, bahwa dirinya melihat pesawat berwarna merah terbang rendah dalam keadaan goyang tanpa terkendali.

“Saya melihat dan mendengar suara ledakan yang sangat kencang. Saya juga melihat kepulan asap dari kejauhan. Padahal, cuacanya mendung dan berkabut,” ujarnya.

Sabudi tak mengira pesawat beregister PK-LQP yang sempat dilihatnya itu jatuh dan menjadi sumber ledakan.

Saksi yang berangkat melaut dari jam 04.00 WIB, sampai di lokasi sekitar pukul 06.00 WIB, kurang-lebih. Jarak lokasi itu sekitar 50 kilometer (dari Pantai Tanjung Pakis).

“Waktu sedang bawa perahu, saya melihat di kejauhan ada sebuah pesawat yang miring mengarah ke timur. (Sabudi mempraktikkan gerakan telapak tangannya bergoyang ke kanan dan ke kiri),”ujar Sabudi

“Saya lihat pesawat itu sekitar lima detik. Kalau masalah jatuhnya, saya kurang tahu. Ya, saya juga lagi fokus cari ikan, jadi saya kurang memperhatikan (jatuh atau tidak).”lanjutnya.

Sabudi mengira kalau suara ledakan itu suara petir dan kepulan asap tersebut berasal dari kapal yang lewat. kebetulan tempat jatuhnya pesawat JT-610 itu ada jalur kapal barang.

“Mungkin itu suara petir, kan pagi itu mendung. Banyak kabut. Nggak lama setelah ada kepulan asap itu, turun hujan. Jarak pandang sekitar 50 meter,” lanjut Sabudi.

Sabudi juga tak sendiri di perahu. Dia berdua dengan seorang teman, Gaok Samin. Mereka berdua juga tak menaruh curiga jika pesawat itu akan jatuh.

“Itu kenapa pesawat kayak miring-miring?” Kata teman saya,
“Ah biasa itu mah, paling juga mau biluk (berbelok),”kata saya.

Memang sih di sini nelayan biasa melihat pesawat terbang memutar. Nah, kalau pesawat lain, lebih tinggi. Kalau ini agak rendah.

Saat kembalinya ke daratan, Sabudi di bingungkan dengan keramaian orang yang menanyakan ke dia melihat pesawat jatuh atau tidak.

“Lihat pesawat jatuh nggak?”ucap seseorang.

Di situ saya baru sadar ternyata suara ledakan itu berarti suara pesawat jatuh. Kalau di sini nggak ‘ribut’, mungkin saya nggak tahu.

Tak lama Kemudian Kapolres Karawang AKBP Slamet Waluyo mendatangi saya, dan beliau menayakan ke saya tahu lokasi pesawat jatuh tidak.

“Kamu tahu lokasi pesawat? Kalau memang tahu, ayo, antar saya ke sana.”tanya beliau ke saya.

Dengan menggunakan Speed boat polisi saya menujukan lokasi dimana saya melihat dan mendengar suara ledakan tadi.

Sesampainya di lokasi, sudah banyak serpihan pesawat. terlihat ada bangku pesawat, tas, terus potongan jasad-jasad manusia yang nggak utuh lagi.

Selain Kapolres, yang ikut juga ada Pak Camat, Lurah, dan tentara. Mereka ingin memastikan betul ada atau nggak pesawat jatuh.fp01

Most Popular

Recent Comments