Jumat, Mei 7, 2021
BerandaSatpol PP Jakbar Tertibkan Alat Peraga Kampanye
Array

Satpol PP Jakbar Tertibkan Alat Peraga Kampanye

Jakarta, faktapers.id – Ratusan Satpol PP dikerahkan untuk menertibkan alat peraga kampanye di wilayah Jakarta Barat. Giat penertiban melibatkan Bawaslu, TNI dan Polri. Sebelum dilaksanakan penertiban, personil gabungan terlebih dahulu melaksanakan apel dihalaman kantor walikota Jakarta Barat.

Kasatpol PP Jakarta Barat, Tamo Sijabat mengatakan, kegiatan penertiban alat peraga kampanye dilakukan serentak di delapan kecamatan dan 56 kelurahan di Jakarta Barat dengan jumlah personil mencapai 420 orang. Sebelumnya, pihak Satpol PP serta Bawaslu di tingkat kelurahan dan kecamatan sudah mendata titik-titik yang harus ditertibkan. Sehingga, sebelum hari dilaksanakan penertiban para caleg sudah mengetahui.

“Pada penertiban ini anggota saya menurunkan alat peraga kampanye setelah ada petunjuk dari Panwascam tingkat kecamatan dan Bawaslu tingkat kota bahwa itu melanggar. Jadi kalau dia tunjuk itu turunkan, anggota saya turunkan,” terang Tamo, Selasa (23/10/18).

Tidak hanya itu, lanjut Tamo, Bawaslu sudah menyampaikan ke Partai tentang perihal penertiban. Apabila tidak diturunkan maka alat peraga kampanye akan diturunkan Bawaslu beserta Satpol PP.

“Jadi sudah kita sampaikan secara SOP supaya jangan ada komplain. Kalau mereka bisa menurunkan sebelum hari ini ya enggak apa-apa berarti kami berkurang tugasnya,” tuturnya.

Dikatakan Tamo, dari pendataan tercatat ada ratusan titik yang akan di jangka. Sebab, keberadaan alat peraga sudah merata disetiap sudut terutama di gang kecil dan di dalam gang. Penertiban ini akan dilakukan secara rutin.

“Iya rutin ini pencanangannya. Pokoknya begitu bawaslu menyampaikan ke partai ke Caleg ke DPD peroroangan, maka kalau enggak diturunkan, besoknya kita turunkan,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Jakarta Barat Oding Junaidi menambahkan, penertiban yang dilakukan menargetkan serentak untuk wilayah Jakarta Barat mulai dari tingkat kota, kecamatan dan kelurahan. Kegiatan ini merupakan tahap awal setelah berkoordinasi dengan Satpol PP untuk melakukan penertiban alat peraga kampanye yang melanggar.

“Kita juga melakukan sesuai dengan SK KPU Provinsi 175-176 dan SK KPU RI 1096,” tuturnya.

Oding menuturkan, ada beberapa alat peraga yang sudah tertibkan dari semua partai politik yang ada. Kebanyakan, alat peraga yang ditertibkan dari para caleg yang secara sendiri-sendiri memasang di sembarang tempat. Ia menyayangkan masih banyak alat peraga kampanye yang berada di sembarang tempat. Padahal, sebelumnya sudah diberikan sosialisasikan larangan-larangan partai politik.

“Mungkin ada yang belum paham sehingga masih ada (pelanggaran). Ada beberapa alat peraganya yang melanggar,” ucapnya.

Sementara, untuk pemasangan alat peraga tidak boleh di sarana dan prasarana milik pemerintah DKI. Seperti alat yang melanggar di lampu merah dan petunjuk jalan. Meski tidak ada secara khusus. Tapi ada larangan-larangn bahwa bisa menempatkan dan memperhatikan etika dan estetika kota.

“Untuk sanski administrasi aja. Karena setelah kita bersurat agar tidak ada lagi pelanggaran dan jika tidak diindahkan akan ditertibkan,” Jelasnya. fp02

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments