Sabtu, Maret 6, 2021
Beranda 425 Juta Rupiah Diamankan Kejagung OTT Sekdis Pendidikan Pemprov Sultra
Array

425 Juta Rupiah Diamankan Kejagung OTT Sekdis Pendidikan Pemprov Sultra

Jakarta, Faktapers.id – Kejaksaan Agung dan Kejati Tinggi Sulawesi Tenggara (Sultra) Operasi Tangkap Tangan (OTT) terhadap Sekretaris Dinas Pendidikan (Sesdisnas) Pemprovinsi Sultra berinisial “LD” pada satu hotel di Kendari, Kamis (29/11).

Kepala Pusat Penerangan dan Hukum (Kapuspenkum) Kejaksaan Agung Mukri menerangkan, pihaknya melakukan OTT sekitar Pukul 17.00 WITA Rabu (28/11/18) kemarin di hotel Qubra Kendari, Sultra, dengan barang bukti berupa uang tunai senilai Rp425 juta.

“Kejati Sultra telah melakukan operasi tangkap tangan terhadap Sekretaris Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Tenggara berinisial LD,” kata Mukri dalam keterangan tertulisnya.

LD diduga meminta fee 10 persen dari anggaran dana alokasi khusus (DAK) Dinas Pendidikan Sultra, dengan rincian Rp102 miliar untuk Sekolah Menengah Atas (SMA), dan Rp80 miliar untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

“Sumber dana itu adalah dana untuk pelatihan siswa, pembangunan laboratorium, dan pembangunan rumah dinas,” kata Sutomo

Hingga kini, pihak Kejati Sultra belum menetapkan satu pun tersangka. Alasannya, karena Kejati masih mendalami kasus ini apakah masuk kategori pemerasan atau penyuapan.

Pihak Kejaksaan sebenarnya telah melakukan pengintaian terhadap aktivitas LD sejak beberapa hari lalu, sehubungan dengan adanya kegiatan dari instansi itu yang tengah melakukan pelatihan terhadap kepala sekolah SMA dan SMK se-Sultra di hotel pada Selasa (27/11).fp01

Most Popular

Recent Comments