oleh

Charles Honoris Gelar Konser Rakyat Anti Hoax

Jakarta, faktapers.id – Anggota Komisi I DPR RI Charles Honoris menginisiasi acara konser rakyat yang bertemakan “Mewujudkan Generasi Milenial Bijak Bermedia Sosial dan Anti Hoax”, digelar di Jalan Jembatan Besi Raya RT 01/RW 05 Kelurahan Jembatan Besi, Sabtu (24/11).

Di acara itu, menampilkan grup band ibukota di antaranya Black Cat Band, Angelz, dan Orind, yang juga turut mengkampanyekan anti hoax kepada pengunjung yang mayoritas remaja dan muda-mudi.

Di kesempatan itu, Charles Honoris mengungkapkan bahwa belakangan ini kerap muncul isu hoax dan ujaran kebencian yang masih pasif di masyarakat, terlebih pada masa politik saat ini.

“Kita membuat acara ini untuk mengajak warga negara Indonesia melawan hoax. Langkah kedepan adalah bekerja sama dengan kominfo sebagai instansi pemerintahan agar lebih waspada,” ujar Charles kepada Harian Faktapers dan Faktapers.id.

Charles menambahkan bahwa hampir semua penduduk Indonesia aktif menggunakan media sosial. Untuk itu, ungkapnya lagi, masyarakat harus lebih bijak dalam menggunakan internet.

“Jangan menyebarkan hoax yang menyebabkan perselisihan,” ujarnya.

Charles menegaskan, sesuai pesan Presiden Jokowi bahwa aset terbesar bangsa adalah menjaga persatuan, dan isu hoax serta ujaran kebencian dapat menyebabkan perpecahan di masyarakat.

Ketua panitia acara dan juga Ketua RW 05 Kelurahan Jembatan Besi Abdul Ghofur mengajak seluruh warganya dan generasi milenial untuk menjaga persatuan dan kesatuan, karena Indonesia merupakan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Bhabinkamtibmas Kelurahan Jembatan Besi Agus Mulyadi berpesan apabila ada hal-hal yang belum pasti diharapkan jangan langsung disebarluaskan dan jadi bahan komsumsi masyarakat.

“Jika terdapat maka dikenakan pidana berdasarkan Undang-undang ITE,” ujar Agus.

Pihak kepolisian juga menghimbau untuk calon penerus bangsa jangan bergaul pada narkoba dan cerdas dalam memilih pergaulan lingkungan. Karena, ungkap Agus, rata-rata pengguna narkoba berusia 15 hingga 25 tahun.

“Dan sangat disayangkan karena pada masa inilah ada kreatif bukan sensitif,” ujarnya.

Di acara itu Charles Honoris juga menggandeng Kemen Kominfo RI yang diwakili Staf Ahli Menteri Bidang Komunikasi dan Media Massa, Gungun Siswadi.

Gungun mengatakan bahwa Kemen Kominfo sangat berterima kasih kepada Charles Honoris yang menginisiasi konser rakyat ini.

“Jangan coba-coba narkoba serta jangan menyebarkan hoax yang tidak dasarnya. Isilah media sosial dengan informasi-informasi yang mendidik,” tegasnya. inda

Komentar

News Feed