Senin, Maret 8, 2021
Beranda Gubernur Nurdin Tegaskan Tak Ada Pembebasan Lahan Untuk CBD
Array

Gubernur Nurdin Tegaskan Tak Ada Pembebasan Lahan Untuk CBD

Tanjungpinang, faktapers.id – Gubernur Kepulauan Riau, Nurdin Basirun menegaskan pemerintah tidak akan membebaskan lahan di pesisir Tepi Laut Kota Tanjungpinang untuk pembangunan Pusat Pengembangan Bisnis (Central Business Development/CBD).

“Tidak mungkin lah pemerintah bebaskan lahan pesisir. Kan tidak boleh,” kata Gubernur Nurdin seusai rapat paripurna persetujuan Rancangan APBD Kepri 2019, di DPRD Kepri, Tanjungpinang, Jumat (30/11/18).

Berdasarkan data, Pemprov Kepri berencana membangun CBD dalam penataan kawasan Tepi Laut Tanjungpinang atau proyek Jalan Lingkar Gurindam 12. Dalam proyek itu, pemerintah membutuhkan lahan untuk pembangunan CBD, sementara lahan pesisir sudah dikuasai warga.

Warga pun sudah menyiapkan pengacara jika lahan yang dikuasainya digunakan untuk kepentingan pembangunan CBD. Anggota tim yang mengurusi persoalan lahan dalam proyek itu, mengundurkan diri. Terkait persoalan itu, Nurdin tidak menanggapinya.

“Jangan jebak saya dengan pertanyaan itu,” katanya.

Ia mengatakan Pemprov Kepri menginginkan Gurindam 12 memberi dampak perekonomian kepada warga.

Karena itu, ia akan melibatkan investor dalam pembangunan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Kami ini kawasan Tepi Laut menjadi maju,” ucapnya.

Pemprov Kepri mengalokasikan anggaran sebesar Rp468 miliar untuk pembangunan Jalan Lingkar Gurindam 12 Tanjungpinang. Pembangunan dilaksanakan melalui sistem tahun jamak.

Tahun ini Pemprov Kepri memangkas anggaran pembangunan Jalan Lingkar Gurindam 12 dari Rp100 miliar menjadi Rp50 miliar. Sementara tahun 2019 dialokasikan anggaran Rp192 miliar.fp01

Most Popular

Recent Comments