Minggu, Maret 7, 2021
Beranda Kabupaten Sleman Kembangakan Kawasan Wisata Ramah Anak
Array

Kabupaten Sleman Kembangakan Kawasan Wisata Ramah Anak

Sleman, Faktapers.id – Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, ingin mengembangkan kawasan wisata layak anak dengan embrio Rumah Domes/Teletubbies di Dusun Sengir, Desa Madurejo, Kecamatan Prambanan.

“Dalam pengembangan wisata layak anak tersebut perlu melibatkan Forum Anak Sleman (Forans) yang selama ini banyak terlibat dalam terwujudnya Kabupaten Layak Anak di Sleman,” kata Sekretaris Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana Kabupaten Sleman Tina Hastani di Sleman, Sabtu.

Ia mengatakan pengembangan kawasan wisata ramah anak membutuhkan penguatan kapasitas forum anak Sleman dan untuk keperluan itu pemerintah daerah melakukan Studi Orientasi Peningkatan Kapasitas Forum Anak Sleman (Forans) ke Forum Anak Mahasatu Kota Batu, Jawa Timur, pada 16 November.

Studi orientasi itu, menurut dia, ditujukan untuk melihat keterlibatan forum anak dalam mewujudkan wisata layak anak.

“Kami mengajak 24 orang dari Forans dan fasilitator untuk mencari tahu apa yang bisa diterapkan dalam mewujudkan wisata layak anak di Sleman serta koordinasi lintas OPD dalam mendukung terwujudnya Kabupaten/kota Layak Anak,” katanya.

Tina berharap kegiatan bertukar ide serta pengalaman dalam pembinaan forum anak tersebut bisa mendatangkan inspirasi untuk mengembangkan wisata ramah anak di Sleman.

“Anak-anak perlu dilibatkan dalam rintisan kawasan wisata ramah anak, karena mereka yang tahu persis apa yang dibutuhkan” katanya.

Ia mengatakan pengembangan kawasan wisata ramah juga membutuhkan penguatan kelembagaan pengelola wisata dan warga.

“Baik pengelola wisata maupun masyarakat bersama seluruh pemangku kepentingan harus tahu persis akan hak-hak anak, yang jelas tempat wisata harus aman dan tidak membahayakan serta nyaman untuk anak-anak,” katanya.fp01

Most Popular

Recent Comments