Sabtu, Maret 6, 2021
Beranda Pemkot Tangerang Ajak Warga Bersama Tangani Banjir
Array

Pemkot Tangerang Ajak Warga Bersama Tangani Banjir

Tangerang, Faktapers.id – Pemerintah Kota Tangerang, melibatkan masyarakat dalam berbagai kegiatan terkait penanganan banjir, seperti upaya menjaga lingkungannya dari kerusakan iklim dengan program Kampung Iklim.

“Keikutsertaan masyarakat dalam menjaga lingkungan dan pembangunan Kampung Iklim secara langsung membantu kita dalam menangani banjir,” kata Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah.

Dia juga menjelaskan, penanganan banjir di Kota Tangerang dibagi dalam tiga wilayah yakni barat, tengah dan timur. Penyebab banjir yang berasal dari air luapan kali dan sungai, diatasi dengan pembangunan turap dan pusat pengendali banjir.

Tambahnya, untuk yang banjir di pemukiman warga, diatasi dengan pembangunan embung, drainase dan program penghijauan yang masuk dalam Program Kampung Iklim, diantaranya pembuatan lubang biopori.

“Banjir yang terjadi beberapa waktu lalu, sekarang sudah mulai teratasi. Warga harus menjaga lingkungannya agar tidak rusak dan saluran air tetap lancar,” ujarnya.

Pemerintah Kota Tangerang juga berkoordinasi dengan pihak Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Ciliwung dan Cisadane untuk melakukan pengerukan di sungai agar debit air yang dapat tertampung lebih banyak lagi.

Sejumlah pekerjaan untuk penanganan banjir, ia mengatakan, akan terus dilakukan pada tahun mendatang sesuai dengan kajian wilayah masing-masing. Pembangunan dan laju pertumbuhan penduduk di Kota Tangerang yang semakin meningkat, sehingga perlu disiapkan skenario agar pembuangan air tetap lancar dan menjadi masalah perkotaan.

Sementara untuk di permukiman warga, penanganan banjir dilakukan dengan membangun embung yang tujuannya adalah untuk menampung kelebihan air hujan sehingga tak membanjiri pemukiman warga. Sampai saat ini, telah terbangun sembilan embung dan menargetkan kembali membangun enam embung.

Untuk pusat pengendali banjir yang telah dibangun Pemkot Tangerang sejak tahun 2014 hingga sekarang mencapai 75 lokasi. Pembangunan ini sejalan juga dengan pekerjaan pintu air yang telah terbangun di delapn lokasi dan akan kembali membangun enam pintu air hingga akhir tahun ini.fp01

Most Popular

Recent Comments