Kamis, Februari 25, 2021
Beranda Pokja TKQ/TPQ Al Quran Jakbar Gelar Peragaan Manasik Haji ke-14
Array

Pokja TKQ/TPQ Al Quran Jakbar Gelar Peragaan Manasik Haji ke-14

Jakarta, faktapers.id – Kelompok Kerja (Pokja) TKQ/TPQ Al Quran Jakarta Barat memberikan pengetahuan manasik haji kepada ribuan anak di Asrama Haji Embarkasi Jakarta, Pondok Gede, Jakarta, Sabtu (24/11).

Terlihat ratusan anak yang berasal dari Taman Kanak-Kanak (TK) dan Taman Pendidikan (TP) dan PAUD Al Quran se-Jakarta Barat antusias mengikuti peragaan manasik haji dengan didampingi orangtua.

Seperti TKQ dan PAUD Al Quran Sirojul Munir, Tambora yang memberangkatkan puluhan peserta didiknya untuk mengikuti peragaan manasik haji ke-14 tersebut.

 

Dalam kegiatan yang dipandu oleh tim instruktur dari Kantor Kementerian Agama Jakarta, peserta dikenalkan dengan semua tahapan pelaksanaan ibadah haji.

Selain itu, lokasi acara yang menyerupai lokasi pelaksanaan haji sebenarnya seperti padang Arafah, Mina, Muzdalifah, Bukit Shofa dan Marwa untuk melaksanakan Sa’i dan miniatur Ka’bah sebagai tempat melakukan Thowaf sebanyak 7 putaran.

Menurut Kepsek PAUD Sirojul Munir, Lisa Mardiyah kegiatan tersebut bertujuan memberikan pemahaman kepada peserta didik tentang pelaksanaan ibadah haji.

“Kegiatan ini diadakan untuk memperkenalkan peserta didik kami tentang pelaksanaan ibadah haji,” ujar Lisa Mardiyah kepada fakta pers.

Begitu juga menurut Kepala Sekolah TKQ Sirojul Munir, Mahdalena yang mengatakan bahwa selain memberikan pemahaman tentang ibadah haji kepada peserta didik, peragaan manasik haji tersebut juga untuk memberikan pemahaman kepada para orangtua yang ikut menemani anaknya.

“Selain untuk peserta didik, peragaan manasik haji juga untuk pemahaman orangtua yang ikut menemani anaknya agar tahu bagaimana pelaksanaan ibadah haji,” ujar Mahdalena.

Irma, orangtua peserta didik mengatakan kepada fakta pers bahwa kegiatan ini bernilai positif agar anak mempunyai pemahaman tentang ibadah haji.

“Kegiatan ini bener-bener positif, siapa tahu anak di masa depan nanti tertarik untuk menunaikan ibadah haji yang merupakan Rukun Islam kelima,” katanya. mw

Most Popular

Recent Comments